Banyak Manfaat, Pesohor Dunia Juga Minum Air Kelapa

loading...
Banyak Manfaat, Pesohor Dunia Juga Minum Air Kelapa
Foto/dok
A+ A-
BEBERAPA pesohor dunia telah merasakan manfaat dari air kelapa. Salah satunya petarung UFC Conor McGregor.

Dia mengatakan dirinya sebisa mungkin makan makanan sehat setiap saat dan tidak mengonsumsi junk food. “Aku minum kebanyakan air putih dan air kelapa,” bebernya. Rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, lebih kaya potasium jika dibanding empat buah pisang, rendah sodium, dan sangat segar diminum, itulah keunggulan dari air kelapa seperti dikutip dari Webmd. (Baca: Maksimalkan Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin)

Air kelapa lebih rendah gula daripada kebanyakan minuman olahraga/energi. Bahkan amat rendah gulanya jika dibanding minuman soda dan jus buah. Air kelapa bisa menjadi opsi lebih baik bagi orang dewasa dan anak-anak yang mencari minuman rendah gula. Meski begitu jangan lantas berlebihan meminumnya.

“Satu kemasan air kelapa mengandung 60 kalori, dan kalau Anda minum beberapa kali dalam sehari sudah tentu jumlah kalori yang masuk ke tubuh pun bertambah,” jelas Lilian Cheung, DSc, dari Harvard School of Public Health.



Cheung, yang seorang registered dietitian serta penulis Savor: Mindful Eating, Mindful Life, menyarankan untuk bijak dalam memilih minuman dan selalu membaca label makanan sehingga bisa memilih minuman air kelapa yang menyehatkan. (Baca juga: Dua Buronan Kakap Asal Indonesia Ditangkap di Amerika Serikat)

Dibenarkan DR. med. Dr. Maya Surjadjaja, M. Gizi, SpGK, FAAMFM, setiap ingin membeli produk makanan atau minuman biasakan membaca labelnya lebih dulu. “Jadi kita bisa tahu kalorinya berapa, gulanya berapa, untuk minuman air kelapa jangan pilih yang banyak gulanya,” beber dr. Maya.

Ia menambahkan, dibanding minuman bersoda, air kelapa tidak membuat perut kembung dan begah. Juga tidak ada laporan efek samping konsumsi air kelapa yang signifikan. Dibanding dengan minuman olahraga, air kelapa ternyata lebih mudah ditoleransi tubuh. Dengan begitu cukup baik dikonsumsi sehabis berolahraga tentunya tidak berlebihan. (Lihat videonya: Suasana terkini Pascaledakan maut di Beirut Ibu Kota Lebanon)



Air kelapa pun mengandung serat sementara minim karbohidrat. Di mana kandungan serat dan karbohidrat yang sedikit ini cocok untuk mereka yang ingin mengatasi atau mencegah obesitas.

Air kelapa diketahui mengandung zat antiperadangan. Ini dibuktikan lewat penelitian pada hewan, dimana ditemukan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam air kelapa mampu mengurangi lemak jahat, menurunkan kolesterol, sekaligus melindungi organ hati dari kerusakan. (Sri Noviarni)
(ysw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top