10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?

Minggu, 03 Mei 2020 - 05:57 WIB
loading...
10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?
Makanan cepat saji sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat modern. Konsep makanan cepat saji yang kita kenal sekarang konon berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
MAKANAN cepat saji (fast food) sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat modern. Konsep makanan cepat saji seperti yang kita kenal sekarang konon berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Entah siapa orang yang berjasa mempopulerkannya yang pasti hingga saat ini setidaknya ada 10 restoran cepat saji dengan usia tertua di dunia.

1. A&W

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?


Tahun berdiri : 20 Juni 1919
Pendiri : Roy W. Allen dan Frank Wright
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1925
Jumlah restoran saat ini : Kurang lebih 1.100
Kantor pusat : Lexington, Kentucky, Amerika Serikat (AS)

A&W awalnya dirintis pada 20 Juni 1919. Saat itu Roy W. Allen membuka gerai root beer di Lodi, California. Allen telah membeli resep bir root dari seorang apoteker dan memutuskan mulai menjual minuman pada musim panas. Root beer Allen menjadi hit dan dua tahun kemudian ia bermitra dengan mantan karyawan Frank Wright.

Saat itu Allen dan Wright menciptakan nama A&W yang berasal dari nama depan keduanya. Ketika sudah sukses, Allen dan Wright memutuskan menjual waralaba A&W pada 1925. Ini menjadikan A&W rantai makanan cepat saji tertua di dunia.

2. White Castle

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?


Tahun berdiri : 13 September 1921
Pendiri : Billy Ingram dan Walter Anderson
Buka sebagai waralaba pertama kali : T / A - semua lokasi adalah milik perusahaan
Jumlah restoran saat ini : Kurang lebih 420
Kantor pusat : Columbus, Ohio, AS

White Castle didirikan pada 1921 oleh Billy Ingram dan Walter Anderson di Wichita, Kansas, AS. Sejak awal White Castle menjual burger.

Ketika dia dan Ingram memutuskan memulai White Castle, orang Amerika tidak terobsesi dengan hamburger seperti anggapan mereka. Faktanya, banyak orang melihat burger sebagai tidak aman dan tidak diinginkan.

Untuk mengubah persepsi itu, Anderson dan Ingram melakukan sejumlah inovasi. Di antaranya memastikan restoran White Castle pertama mereka bersih. Mereka juga menggaransi karyawan mereka terawat.

Sentuhan inovatif lain yang ditambahkan Anderson dan Ingram adalah dalam hal penggilingan daging sapi. Semua ide mereka berhasil dan White Castle terus berkembang ke daerah lain.

3. KFC

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?


Tahun berdiri : 20 Maret 1930
Pendiri : Harland Sanders
Buka sebagai waralaba pertama kali : 24 September 1952
Jumlah restoran saat ini : Kurang lebih 20.925
Kantor pusat : Louisville, Kentucky, AS

KFC adalah restoran cepat saji ayam pertama di dunia yang mulai beroperasi pada 1930 ketika Harland Sanders mulai menjual makanan kepada para pelancong yang lapar ketika sedang mengisi bensin di pom bensinnya saat itu. Ketika bisnis meningkat, Sanders memutuskan membeli pompa bensin di seberang jalan tokonya yang disulapnya menjadi restoran di mana Sanders mulai menjual ayam goreng sebagai cikal bakal KFC.

Sanders merevolusi metode memasak ayam goreng dan ia mampu menghasilkan ayam dalam jumlah besar dengan bentuk garing. Tahun berikutnya, Sanders menyempurnakan ‘resep asli’ KFC itu dengan menambahkan 11 bumbu dan rempah-rempah.

4. McDonald's

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?



Tahun berdiri : 15 Mei 1940
Pendiri : Richard and Maurice McDonald
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1955
Jumlah restoran saat ini : Kurang lebih 37.241
Kantor pusat : Chicago, Illinois, AS

McDonald bersaudara (Richard dan Maurice McDonald) membuka restoran drive-in pertama mereka pada 1940 di San Bernadino, California. Mereka mulai menjual burger dan pada 1947 mereka menyadari bahwa sebagian besar keuntungan mereka berasal dari hamburger.

McDonalds akhirnya menutup restoran drive-in dan membuka restoran baru dengan hanya menjual hamburger, burger keju, keripik kentang, kopi, minuman ringan, dan pai apel. Konsep mereka sukses dan pada awal 1950-an.

Ray Kroc menjadi franchise McDonald pada 1955. Walaupun Kroc bukan pendiri McDonald's, ia mampu mengubah McDonald’s menjadi kekuatan global seperti sekarang ini.

5. Dairy Queen

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?


Tahun berdiri : 22 Juni 1940
Pendiri : John Fremont McCullough
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1940
Jumlah restoran saat ini : Kurang lebih 6.800
Kantor pusat : Edina, Minnesota, AS

Dairy Queen mungkin lebih dikenal dengan makanan beku, terutama Blizzard yang khas. Tetapi merek ini juga dikenal menjual makanan panas, termasuk potongan ayam, kentang goreng, dan burger. Dairy Queen awalnya hanya menjual es krim pada 1938 oleh pendiri Dairy Queen, John Fremont McCullough dan putranya Alex.

Awalnya, McCullough hanya menjual produknya di toko es krim milik temannya, Sherb Noble. Pada 1940, McCulloughs dan Noble membuka Dairy Queen pertama di Joliet, Illinois.

Sepanjang 1950-an, Dairy Queen memperkenalkan banyak item menu ikoniknya, termasuk Dilly Bar. Saat ini, Dairy Queen memiliki ribuan gerai di seluruh dunia.

6. In-N-Out Burger

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?



Tahun berdiri : 22 Oktober 1948
Pendiri : Harry dan Esther Snyder
Buka sebagai waralaba pertama kali : T / A - semua lokasi adalah milik perusahaan
Jumlah restoran saat ini : Lebih 342
Kantor pusat : Irvine, California, AS

In-N-Out didirikan pada 1948 oleh Harry dan Esther Snyder di Baldwin Park, California. The Snyders mendirikan In-N-Out sebagai dudukan hamburger drive-thru, yang merupakan yang pertama dari jenisnya di California. Dalam sejarah perjalananya, In-N-Out dimiliki keluarga.

Setelah kematian Esther Snyder pada 2006, In-N-Out memiliki anggota non-keluarga pertamanya yang duduk sebagai presiden perusahaan. Namun, In-N-Out sekali lagi dikendalikan oleh Snyder, Lynsi Martinez, Ester, dan cucu perempuan Harry hingga saat ini.

7. Dunkin' Donuts

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?



Tahun berdiri : 1948
Pendiri : William Rosenberg
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1955
Jumlah restoran saat ini : Lebih dari 12.400
Kantor pusat : Kanton, Massachusetts, AS

Cikal bakal Dunkin 'Donuts berasal dari 1948 ketika William Rosenberg membuka restoran donat dan kopi di Qunicy, Massachusetts bernama Open Kettle. Dua tahun kemudian, Rosenberg memutuskan mengubah nama restoran menjadi Dunkin' Donuts. Ini adalah restoran cepat saji donat tertua di dunia.

Ketika Dunkin' Donuts meraih kesuksesan pada 1955, Rosenberg mulai membuka lokasi waralaba. Dalam 10 tahun, Dunkin' Donuts tumbuh hingga 100 lokasi. Seiring waktu, Dunkin' Donuts mulai menjual makanan lain, seperti sandwich sarapan. Dunkin' Donuts saat ini sedang mengubah nama menjadi Dunkin' saja.

8. Jack in the Box

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?



Tahun berdiri : 21 Februari 1951
Pendiri : Robert Oscar Peterson
Buka sebagai waralaba pertama kali : Awal 1970-an
Jumlah restoran saat ini : 2.200
Kantor pusat : San Diego, California, AS

Jack in the Box adalah salah satu restoran drive-thru pertama yang menggunakan sistem interkom, yang telah dibeli oleh Peterson untuk digunakan pada 1947 dari George Manos. Peterson memperbaiki sistem interkom dan membangun sistem interkom dua arah pertama, yang digunakan saat ini oleh fast-drive food-drive.

Selama beberapa dekade berikutnya, Peterson memperluas Jack in the Box dan pada 1968, ia menjual perusahaan ke Ralston Purina Co. Di bawah Ralston Purina, Jack in the Box mulai melakukan waralaba dan pada akhir 1970-an, restoran ini memiliki 1.000 lokasi. Saat ini, Jack in the Box dimiliki oleh Apollo Global Management.

9. Sonic

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?


Tahun berdiri : 18 Juni 1953
Pendiri : Troy Smith
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1956
Jumlah restoran saat ini : Lebih dari 3.606
Kantor pusat : Oklahoma, AS

Sonic didirikan pada tahun 1953 ketika Troy Smith berusaha untuk kembali ke kehidupannya di Seminole, Oklahoma. Smith menghabiskan beberapa waktu bekerja sebagai pengantar susu dan roti sebelum membeli makanan kecil.

Tidak lama kemudian, Smith menjual restoran itu dan memulai restoran cepat saji bernama Troy's Pan Full of Chicken. Pada 1953, Smith mengambil alih sebuah restoran bernama Top Hat. Nama ini dikenal sebagai nama asli Sonic.

Awalnya, pelanggan harus berjalan ke stand Top Hat untuk memesan, tetapi Smith memasang speaker drive-in setelah melihatnya di Louisiana. Smith kemudian menyewa carhops untuk mengantarkan makanan, sehingga menciptakan Sonic hari ini.

Pada 1956, Smith membuat waralaba Top Hat setelah dia bertemu pengusaha Charles Woodrow Pappe. Smith dan Pappe kemudian mengubah nama restoran menjadi Sonic pada 1959. Sejak itu, Sonic telah berkembang menjadi lebih dari 3.600 lokasi di 45 negara.

10. Burger King

10 Restoran Cepat Saji Tertua di Dunia, Mana Favorit Anda?



Tahun berdiri : 1953
Pendiri : Keith J. Kramer dan Matthew Burns
Buka sebagai waralaba pertama kali : 1953
Jumlah restoran saat ini : Lebih dari 15.200
Kantor pusat : Miami-Dade County, Florida, AS

Burger King didirikan pada 1953 sebagai Insta-Burger King oleh Keith J. Kramer dan Matthew Burns di Jacksonvillea. Kramer dan Burns menamai restoran baru mereka Insta-Burger King. Dalam waktu dua tahun, Insta-Burger King tumbuh pesat.

Ketika perusahaan terus terus berjuang, David Edgerton dan James McLamore yang membeli perusahaan itu menamainya Burger King pada 1959. Edgerton dan McLamore bertanggung jawab atas banyak fitur khas Burger King.

Edgerton dan McLamore juga menciptakan maskot rantai, Burger King yang dikenal seperti saat ini pada 1955. Saat ini, Burger King adalah salah satu restoran cepat saji burger terbesar di dunia dan memiliki lebih dari 15.000 lokasi di seluruh dunia.

Sumber: www.oldest.org
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4131 seconds (0.1#10.140)