Gangguan Mental Jadi Masalah Umum di Dunia, Ini Penyebabnya

Kamis, 16 November 2023 - 15:21 WIB
loading...
Gangguan Mental Jadi Masalah Umum di Dunia, Ini Penyebabnya
Gangguan mental umum terjadi di dunia. Lalu, apa penyebab dari penyakit ini? Foto/ metropolisindia.
A A A
JAKARTA - Gangguan mental adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati atau kombinasi di antaranya. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama hingga akut.

Gangguan mental umum terjadi di kalangan masyarakat. Dokter Spesialis Penyakit Dalam sub spesialis Hematologi-Onkologi Prof dr Zubairi Djoerban, Sp.PD menjelaskan, di Amerika Serikat, menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu dari lima orang dewasa hidup dengan gangguan mental. Lalu, satu dari lima remaja berusia 13-18 tahun pernah memiliki penyakit mental.

“Untuk penyakit mental yang serius seperti Skizofrenia, bipolar, dan depresi berat dimiliki oleh 1 dari 25 orang dewasa Amerika Serikat,” jelas Prof Zubairi dalam cuitannya di Twitter atau X, Kamis (16/11/2023).



Selain itu, di Singapura, hampir setengah warganya, yakni 49 persen melaporkan bahwa mereka merasa depresi hingga merasa sedih atau hopeless hampir tiap hari.

“Dari multi-country survey yang dilakukan saat pandemi (2021) mengindikasikan bahwa 21 persen dari warga Thailand yang menjadi responden mengalami depresi ekstrem, 22 persen kecemasan signifikan, dan 15 persen melaporkan adanya isu yang berhubungan dengan stress,” jelasnya.

Sedangkan di Eropa, berdasarkan laporan kesehatan pada 2022, hampir satu dari dua remaja Eropa berusia 15-24 tahun belum mendapatkan perawatan kesehatan mental yang terpenuhi.

Di beberapa negara Eropa, laporan gejala depresi pada mereka yang berusia 18-29 tahun meningkat lebih dari dua kali lipat selama pandemic.

“Lalu ada Inggris yang melaporkan bahwa sekitar satu dari empat orang di Inggris mengalami masalah kesehatan mental setiap tahunnya,” ucap dia.

Lantas, apa penyebab kesehatan mental menjadi penyakit yang umum di tengah masyarakat? Prof Zubairi menuturkan menurutnya melihat dari isu yang juga diangkat akhir-akhir ini, pengangguran menjadi salah satu penyebabnya. Per Agustus 2023 ini, angka pengangguran Indonesia 7, 28 juta orang atau setadara dengan 5,32 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)