7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Kenali Gejalanya

Jum'at, 17 November 2023 - 07:35 WIB
loading...
7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Kenali Gejalanya
Tanda tubuh kekurangan vitamin C biasanya menunjukkan beberapa gejala. Vitamin C nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mencegah defisiensi. Foto/Cooper Complete
A A A
JAKARTA - Tanda tubuh kekurangan vitamin C biasanya menunjukkan beberapa gejala yang bisa diketahui. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mencegah defisiensi.

Faktor risiko paling umum untuk kekurangan vitamin C adalah pola makan yang buruk, alkoholisme, anoreksia, penyakit mental yang parah, merokok dan cuci darah. Gejala kekurangan vitamin C yang parah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk berkembang, ada beberapa tanda harus diwaspadai.

Meski demikian, kekurangan vitamin C relatif jarang terjadi di negara-negara maju. Ini karena ketersediaan produk segar dan penambahan vitamin C pada makanan dan suplemen tertentu.

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C



Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin C seperti dilansir dari Health Line, Jumat (17/11/2023).



1. Kulit Kasar


Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, tulang, dan pembuluh darah. Ketika kadar vitamin C rendah, kondisi kulit yang dikenal sebagai keratosis pilaris bisa berkembang.

Pada kondisi ini, terbentuk “kulit ayam” bergelombang di bagian belakang lengan atas, paha, atau bokong akibat penumpukan protein keratin di dalam pori-pori. Keratosis pilaris yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C biasanya muncul setelah tiga hingga lima bulan asupan vitamin C tidak mencukupi dan hilang dengan suplementasi

2. Kuku Rapuh dan Bintik Merah


Kuku berbentuk sendok dicirikan oleh bentuknya yang cekung dan seringkali tipis dan rapuh. Penyakit ini lebih sering dikaitkan dengan anemia defisiensi besi tetapi juga dikaitkan dengan kekurangan vitamin C.

Bintik-bintik merah atau garis vertikal di dasar kuku, yang dikenal sebagai serpihan pendarahan, juga dapat muncul selama kekurangan vitamin C. Ini karena melemahnya pembuluh darah sehingga mudah pecah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3994 seconds (0.1#10.140)