Mahfud MD Kunjungi Madura, Ini 5 Makanan Khas Madura yang Siap Manjakan Lidah Kamu!

Sabtu, 18 November 2023 - 20:10 WIB
loading...
Mahfud MD Kunjungi Madura, Ini 5 Makanan Khas Madura yang Siap Manjakan Lidah Kamu!
Menko Polhukam Mahfud MD kembali ke kampung halamannya di Madura. Bicara Pulau Garam, tidak afdol bila tak bahas kulinernya yang terkenal. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur pada Sabtu (18/11/2023). Mahfud mengadakan serangkaian kegiatan di Pulau Garam ini.

Ini menjadi kunjungan pertama Mahfud MD ke Madura setelah dia diumumkan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mahfud MD dikenal sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo dengan nomor urut tiga.

Kunjungan Mahfud MD ke Madura kali ini memiliki status sebagai Cawapres, tidak dalam konteks kunjungan kerja sebagai Menko Polhukam. Oleh karena itu, kunjungannya dilakukan pada Sabtu, bukan pada hari kerja.

Karena ini merupakan kunjungan pertama dari Mahfud MD setelah mendapatkan status sebagai Cawapres, warga Madura menyambutnya dengan sukacita. Ribuan warga dari berbagai kabupaten di Pulau Garam, termasuk Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep, berkumpul di ujung Jembatan Suramadu Surabaya untuk menyambut Sang Putra Daerah yang selama ini menjadi kebanggaan mereka.

Bicara soal Madura, tidak afdol tentunya bila tidak membahas soal kulinernya yang sudah terkenal seantero Indonesia.

Mari disimak lima makanan khas Madura yang wajib kamu coba berikut ini:

Makanan khas Madura

1. Lorjuk

Makanan khas Madura satu ini cocok banget buat pecinta seafood bila suatu saat akan mengunjungi pulau Garam ini. Lorjuk merupakan jenis kerang kecil yang hanya dapat ditemukan di perairan Madura.

Proses pengolahannya memakan waktu yang cukup lama. Setelah lorjuk berhasil dihimpun, langkah pertama adalah merebusnya tanpa air untuk mengeluarkan cairan yang dapat dijadikan kaldu. Selanjutnya, lorjuk dijemur hingga cangkangnya mengelupas.

Lorjuk kemudian menjalani proses pengeringan selama dua hari sebelum dapat dimasak. Biasanya, lorjuk dimasak dengan cara ditumis menggunakan kecap dan cabai.

Tidak hanya itu, lorjuk juga dapat dijadikan bahan untuk membuat rengginang atau langsung digoreng menjadi lorjuk goreng.

2. Bebek Songkem

Bebek songkem merupakan makanan khas Madura yang berasal dari Sampang. Bebek Songkem sendiri karakteristiknya adalah daging bebek yang dikukus dalam daun pisang.

Sebelum dilapisi daun pisang, bebek diolah dengan bumbu yang meliputi garam, bawang merah, bawang putih, cabai, dan berbagai jenis rempah-rempah. Posisi bebek saat dimasak diilustrasikan seperti sedang bersikap sungkem, itulah sebabnya disebut bebek songkem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)