Mahfud MD Kunjungi Madura, Ini 5 Makanan Khas Madura yang Siap Manjakan Lidah Kamu!

Sabtu, 18 November 2023 - 20:10 WIB
loading...
A A A
Keunikan lainnya adalah dalam proses pengukusan tidak menggunakan air, melainkan dengan menggunakan batang pohon pisang. Uap yang dihasilkan dari batang pohon pisang memberikan aroma khas pada bebek songkem.

3. Potu Nyilem

Potu nyilem menjadi hidangan yang tidak boleh absen saat bulan Ramadhan di Madura. Potu nyilem merupakan kue yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan air perasan pandan, lalu dibentuk seperti bola kecil. Bola-bola ini kemudian diisi dengan parutan kelapa, merica, dan gula pasir.

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah merebusnya dalam air hingga bola-bola tersebut menjadi nyilem atau tenggelam. Saat sudah matang, potu nyilem akan mengapung.

4. Dhun Adhun

Dhun adhun merupakan salah satu kuliner khas dari Sampang, Madura, yang tetap populer sepanjang waktu. Hidangan ini terdiri dari lontong atau ketupat yang disajikan bersama daging ayam, atau bisa juga dengan penggantian jenis daging lainnya.

Kuahnya dibuat dari campuran santan yang diolah dengan berbagai bumbu rempah, seperti lengkuas, ketumbar, merica, bawang merah, dan bawang putih. Selain itu, hidangan ini diberi taburan serundeng jagung yang telah dihaluskan.

5. Sate Madura

Sate ayam Madura pasti bukanlah hidangan yang tidak dikenal. Karena makanan khas Madura yang satu ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Sate ayam ini dikenal dengan bumbu kacang yang manis. Umumnya, sate ayam Madura disajikan dengan menambahkan kecap, potongan cabe, dan bawang merah.

Demikian 5 makanan khas Madura yang wajib kamu coba apabila berkunjung ke daerah tersebut.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)