Ibadah Sambil Menikmati Layanan Hotel Eksklusif

Jum'at, 10 November 2017 - 13:24 WIB
Ibadah Sambil Menikmati Layanan Hotel Eksklusif
Ibadah Sambil Menikmati Layanan Hotel Eksklusif
A A A
JAKARTA - Menunaikan ibadah haji merupakan impian setiap kaum muslimin di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, bagi masyarakat Indonesia, daftar tunggu untuk berhaji kini sangat lama. Bahkan, ada yang daftar tunggunya mencapai 14 tahun.

Lamanya masa tunggu tersebut mendorong umat Islam di Tanah Air untuk melakukan ibadah umrah ke Tanah Suci. Dalam beberapa tahun terakhir umrah seolah menjadi tren tersendiri karena banyak agen perjalanan yang menawarkan paket plus tamasya ke beberapa negara lain selain Arab Saudi. Dengan jumlah populasi umat Islam terbesar di dunia, Indonesia menjadi negara yang paling besar jamaah kuota hajinya. Berdasarkan catatan dari Kementerian Agama, saat ini kuota haji Indonesia mencapai 221.000 jamaah. Untuk umrah, Indonesia termasuk tiga besar setelah Mesir dan Pakistan.

Melihat potensi besar tersebut, Accor Hotel Group melalui jaringan hotelnya di Mekkah, Arab Saudi, tampaknya tidak ingin kehilangan momentum. Lokasi hotel yang strategis di Royal Clock Tower menjadi keuntungan tersendiri karena strategis dan sangat dekat dengan Masjidil Haram. Di Mekkah, Accor Hotel Group mengoperasikan sejumlah hotel bintang lima di antaranya Fairmont, Rafless, Swissotel Almakam, dan Swissotel Mekkah.

Khusus Fairmont, ini adalah hotel terbaru yang bergabung dengan Accor Group sejak Desember 2016 silam. “Kami menawarkan layanan yang belum pernah ada sebelumnya untuk jamaah haji maupun umrah. Dengan segala fasilitas yang ada, kami ingin membantu jamaah bisa melaksanakan umrah maupun haji dengan nyaman,” ujar Manajer Hotel Fairmont Mekkah Abdel Aziz Eid di Mekkah, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, khusus jamaah umrah dari Indonesia, dianggap sangat spesial karena termasuk tamu yang paling banyak menginap di Fairmont. Menurutnya, dari sekian banyak jamaah yang menginap di Fairmont, sekitar 20%-nya merupakan warga Indonesia.

“Itu persentase yang cukup tinggi karena jamaah haji maupun umrah kan berasal dari hampir semua negara,” ujar dia.

Banyaknya jamaah Indonesia yang menginap di Fairmont disikapi manajemen hotel bintang lima tersebut dengan menyediakan fasilitas yang sangat memudahkan, seperti penyediaan makanan khas Indonesia. Misalnya saja di restoran AJA yang dirancang khusus menyajikan menu khas Asia termasuk Indonesia. Di restoran ini, jamaah bisa menikmati nasi goreng, mi goreng, dim sum dan aneka masalah lain bernuansa Melayu.

Di samping itu, jika ingin mencoba menu lainnya, ada belasan restoran lain di Fairmont dengan sajian berbeda-beda. Ada masakah Eropa, Mediteranian, hingga masakan khas Timur Tengah.

“Total untuk menu khas Indonesia ada sekitar 50 item yang bisa kami sajikan secara bergantian,” imbuh Executive Sous Chef Fairmont Hotel Tambri Deran.

Tambri yang juga berasal dari Indonesia itu menyebutkan, Fairmont sangat memperhatikan soal makanan bagi jamaah. Untuk itu, pihaknya memastikan selalu menyajikan makanan yang disukai jamaah.

“Untungnya jamaah asal Indonesia itu dikenal tidak terlalu rewel terhadap makanan. Kami di restoran juga senang melayaninya,” ujar dia.

Kamar Eksklusif

Beberapa waktu lalu, KORAN SINDO sempat merasakan layanan di Hotel Fairmont Mekkah. Di hotel yang berada di Royal Clock Tower ini, Fairmont mengelola ribuan kamar dengan tipe yang sangat beragam sesuai kebutuhan tamunya.

Ada juga tipe layanan eksklusif seperti yang saya tempati, yakni Fairmont Gold. Di tipe gold ini, tamu bisa memilih kamar sesuai selera. Ada yang menghadap persis ke Kakbah (Kakbah view), menghadap ke kompleks Masjidil Haram (Alharam view) dan kamar dengan pemandangan ke Kota Mekkah (city view).

Beruntung saya dapat mencoba kamar dengan pemandangan ke lantai paling atas Masjidil Haram plus Kakbah sekaligus. Dari kamar ini kita bisa melihat aktivitas jamaah yang sedang melakukan ibadah umrah dari ketinggian hotel. Pemandangan lainnya, bisa juga melihat aktivitas pembangunan di sebagian kompleks Masjid Alharam. (Yanto Kusdiantono)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0813 seconds (0.1#10.140)