Minum Teh Hitam Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Minggu, 26 November 2023 - 07:09 WIB
loading...
Minum Teh Hitam Tiap...
Minum secangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Foto/ healthifme.
A A A
JAKARTA - Penelitian baru menunjukkan bahwa minum secangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 47%. Hal itu berdasarkan penelitian yang dibagikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) di Hamburg.

Para peneliti dari Universitas Adelaide di Australia dan Universitas Tenggara di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang tidak pernah minum teh dan yang mengonsumsi teh hitam setiap hari memiliki risiko pradiabetes 53% lebih rendah dan risiko diabetes tipe 2, 47% lebih rendah.

Baca Juga: 7 Obat Tradisional Atasi Batuk, dan Flu saat Musim Hujan

Para peneliti menguji hubungan antara frekuensi dan jenis konsumsi teh dan ekskresi glukosa dalam urin, resistensi insulin dan status glikemik.

“Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap manajemen gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa dalam urin, peningkatan resistensi insulin dan dengan demikian kontrol gula darah yang lebih baik. Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari,” kata Profesor Tongzhi Wu, penulis utama.

Jadi, apakah minum teh hitam setiap hari merupakan cara yang efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2?

Ahli gizi Natalie Burrows terkesan dengan temuan ini. Namun, dia tidak terlalu terkejut dengan temuan ini karena daun teh kaya antioksidan

“Dan bagaimana senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan peradangan,” katanya.

“Namun, sejauh mana konsumsi teh hitam tanpa pemanis setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada seseorang sangatlah luar biasa. Hal ini sekali lagi menggambarkan betapa kuatnya alam ketika kita mengonsumsi makanan alami,” ujar dia lagi.

Burrows mengatakan daun teh telah terbukti mengandung senyawa bermanfaat yang bermanfaat bagi tubuh dalam banyak cara.

“Katekin, polifenol (AKA antioksidan) yang ditemukan dalam teh telah terbukti bertanggung jawab atas regulasi insulin, gula darah, dan metabolisme energi dengan mengatur jalur sinyal,” jelasnya.

Studi tersebut menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat berkontribusi terhadap penurunan risiko diabetes karena dua alasan. Pertama, meningkatkan resistensi insulin yang berarti lebih mampu mengontrol gula darah.

Kedua, hal ini berkontribusi pada peningkatan ekskresi glukosa dalam urin Anda, yang berarti gula darah menjadi lebih sedikit untuk dikontrol.

Ahli gizi Harry Snell yakin hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol dalam teh hitam. Ia menjelaskan bahwa efek hipoglikemik senyawa polifenol dapat menghambat pencernaan karbohidrat, penyerapan glukosa, dan stimulasi sekresi insulin, yang semuanya mengarah pada kontrol gula darah yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Tidak Boleh Minum Kopi, Penderita Epilepsi Wajib Hindari

Apa sebenarnya teh hitam itu?

Penting untuk diingat bahwa penelitian ini mengamati efek teh hitam secara spesifik. Ini adalah jenis teh teroksidasi penuh yang tidak sama dengan teh hitam.

“Teh hitam telah mengalami fermentasi mikroba. Disebut 'gelap' karena daunnya teroksidasi dan berubah warna, mirip seperti proses karat pada besi,” tuturnya.

Minumlah teh hitam setiap hari, tetapi penting untuk mempertimbangkan pola makan secara keseluruhan, terutama dalam hal pengendalian gula darah.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Yeho Gathering 2026,...
Yeho Gathering 2026, Merayakan 20 Tahun Perjalanan Sekolah
Silmy Karim Dicopot...
Silmy Karim Dicopot dari Komisaris Telkom usai Tersangka KPK
Heboh Kabar Direksi...
Heboh Kabar Direksi PLN Dirombak, Bos BP BUMN Buka Suara
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
3 Keutamaan Surat Al...
3 Keutamaan Surat Al Mulk, Bisa Jadi Syafaat Kelak di Hari Kiamat
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved