8 Penyakit yang Tidak Boleh Minum Kopi, Penderita Epilepsi Wajib Hindari

Sabtu, 25 November 2023 - 07:30 WIB
loading...
8 Penyakit yang Tidak Boleh Minum Kopi, Penderita Epilepsi Wajib Hindari
Beberapa penyakit tidak boleh minum kopi karena dapat memperparah kondisi. Kopi sendiri minuman menyehatkan karena bisa mengurangi risiko gagal jantung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit tidak boleh minum kopi karena dapat memperparah kondisi. Kopi sendiri minuman menyehatkan karena bisa mengurangi risiko gagal jantung, menurunkan risiko gangguan pendengaran dan menurunkan berat badan.

Namun bagi orang-orang dengan penyakit tertentu, kopi justru memiliki lebih banyak efek samping negatif dibandingkan positif. Seperti halnya, kopi terkadang membuat Anda cemas atau gelisah, atau menyebabkan diare setelah setiap cangkir yang Anda minum.

Kopi bahkan bisa mempengaruhi kesehatan dengan cara yang sama sekali tidak Anda ketahui. Karena itu, orang dengan penyakit tertentu sangat tidak disarankan mengonsumsi minuman ini.

Penyakit yang Tidak Boleh Minum Kopi



Berikut penyakit yang tidak boleh minum kopi dilansir dari Eat This Not That, Sabtu (25/11/2023).



1. Iritasi Usus Besar


Kafein dapat meningkatkan keteraturan buang air besar, termasuk meningkatkan kemungkinan diare, gejala utama sindrom iritasi usus besar (IBS). Jadi jika Anda menderita IBS, dianjurkan untuk membatasi atau menghindari minuman berkafein.

2. Glaukoma


Tekanan intraokular meningkat pada penderita glaukoma saat mengonsumsi kopi. Jadi disarankan untuk membatasi atau menghindari asupan ini. Menurut penelitian, minum kafein dalam jumlah besar meningkatkan risiko glaukoma pada mereka yang memiliki kecenderungan peningkatan tekanan mata.

3. Kandung Kemih Terlalu Aktif


Asupan kafein dapat meningkatkan frekuensi dan urgensi buang air kecil. Jika Anda tidak rutin minum kopi, mungkin lebih sensitif terhadap efek ini.

4. Penyakit Jantung


Karena kafein dari kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah dan detak jantung, penting bagi siapa pun yang memiliki penyakit jantung untuk berkonsultasi dengan dokter tentang apakah atau berapa banyak kopi yang aman untuk dikonsumsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)