10 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D dan Penyebabnya

Senin, 27 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
10 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D dan Penyebabnya
Gejala tubuh kekurangan vitamin D wajib diketahui. Ini karena vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam darah dan tulang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala tubuh kekurangan vitamin D wajib diketahui. Ini karena vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam darah dan tulang serta dalam membangun dan memelihara tulang.

Kekurangan vitamin D terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari atau makanan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, osteoporosis, dan patah tulang.

Di sisi lain, kekurangan vitamin D terkadang sulit diketahui karena gejalanya tidak muncul selama beberapa bulan atau tahun. Terkadang, Anda juga tidak merasakan gejala sama sekali. Mengingat hal itu, mengetahui tanda dan gejala apa yang harus diwaspadai tetap bermanfaat.

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D



Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa gejala yang bisa diketahui. Berikut ulasannya dilansir dari Health Line, Senin (27/11/2023).



1. Sering Sakit atau Infeksi


Salah satu peran terpenting vitamin D adalah mendukung kesehatan kekebalan tubuh, yang membantu menangkal virus dan bakteri penyebab penyakit. Vitamin D berinteraksi langsung dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengatasi infeksi.

Jika Anda sering sakit, terutama karena flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi salah satu faktor penyebabnya. Beberapa penelitian observasional besar menunjukkan hubungan antara defisiensi dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

2. Kelelahan


Rasa lelah bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kekurangan vitamin D. Berbeda dengan penyebab yang lebih terlihat seperti stres, depresi, dan insomnia, kekurangan vitamin D seringkali diabaikan sebagai penyebab utama kelelahan.

Sebuah penelitian pada 480 orang lanjut usia mengaitkan kekurangan vitamin D dengan gejala kelelahan. Ditambah lagi, sebuah penelitian pada 39 anak mengaitkan kadar vitamin D yang rendah dengan kualitas tidur yang buruk, durasi tidur yang lebih pendek, dan waktu tidur yang tertunda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)