10 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D dan Penyebabnya

Senin, 27 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A

8. Nyeri Otot


Penyebab nyeri otot seringkali sulit diketahui. Namun, bukti menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D merupakan penyebab potensial. Dalam sebuah penelitian, 71 persen orang dengan nyeri kronis ditemukan kekurangan vitamin.

Reseptor vitamin D terdapat di sel saraf yang disebut nosiseptor, yang merasakan nyeri. Vitamin ini juga terlibat dalam jalur sinyal nyeri tubuh Anda, yang mungkin berperan dalam nyeri kronis.

9. Obesitas


Obesitas merupakan salah satu faktor risiko kekurangan vitamin D. Sebuah penelitian pada orang dewasa menemukan kemungkinan hubungan antara status vitamin D yang rendah dan lemak perut serta peningkatan berat badan, meskipun efek ini lebih nyata pada pria.

Meskipun kekurangan vitamin D dapat terlihat pada kasus obesitas, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah suplementasi vitamin ini membantu mencegah penambahan berat badan.

10. Kecemasan


Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan gangguan kecemasan. Sebuah ulasan menemukan bahwa kadar kalsidiol, suatu bentuk vitamin D, lebih rendah pada orang dengan kecemasan, serta pada mereka yang mengalami depresi.

Sebuah studi terpisah pada wanita hamil menemukan bahwa kadar vitamin D yang cukup dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan membantu mencegah depresi pasca melahirkan.



Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin D



Meskipun tidak ada penyebab tunggal terjadinya defisiensi, risiko kekurangan vitamin D lebih tinggi akibat kondisi mendasar atau faktor gaya hidup tertentu. Beberapa faktor risiko paling umum untuk kekurangan vitamin D adalah memiliki kulit gelap, usia tua, obesitas, tidak makan ikan atau susu, tinggal di daerah sedikit matahari dan bekerja di dalam ruangan hingga shift malam.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)