Berapa Lama Insulin Bekerja saat Diabetes Tipe 2 Menyerang?

Jum'at, 01 Desember 2023 - 07:25 WIB
loading...
Berapa Lama Insulin Bekerja saat Diabetes Tipe 2 Menyerang?
Banyak yang bertanya soal waktu yang dibutuhkan insulin untuk bekerja saat diabetes tipe 2 menyerang. Foto/ diabetesstrong
A A A
JAKARTA – Berapa lama waktu yang dibutuhkan insulin untuk bekerja saat diabetes tipe 2 menyerang? Ini menjadi pertanyaan banyak orang.

Dilansir healtline, hal itu bergantung pada jenis insulin, merek, tempat suntikan dan faktor lainnya. Apalagi, setiap orang berbeda, cara tubuh merespons insulin juga tidak sama dari orang lain.

Cara kerja insulin dalam tubuh

Insulin diproduksi secara alami di dalam tubuh oleh pankreas. Pankreas Anda mengandung jutaan sel beta – sel ini bertanggung jawab untuk membuat insulin.

Setiap kali Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sel beta biasanya melepaskan insulin sehingga sel lain di tubuh Anda dapat menggunakan glukosa darah yang didapat dari makanan untuk energi. Dalam arti tertentu, insulin bertindak sebagai kunci, membiarkan glukosa masuk ke dalam sel.



Bagaimana insulin bekerja tanpa diabetes?
Pada orang yang tidak menderita diabetes, tubuh memproduksi insulin setelah pencernaan.

Kehadiran insulin memicu sel untuk mengambil glukosa dan menggunakannya sebagai energi. Kemampuan sel untuk merespon insulin disebut sensitivitas insulin.

Apa yang terjadi pada insulin ketika Anda menderita diabetes?

Jika Anda menderita diabetes , tubuh Anda tidak dapat memproduksi insulin apa pun, cukup insulin, atau resisten terhadapnya. Itu berarti glukosa tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh Anda secara efektif.

Ketidakmampuan sel untuk menyerap glukosa dalam darah menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Kadar gula darah mungkin tinggi setelah makan. Mereka mungkin juga tinggi di antara waktu makan karena hati membuat glukosa ketika kita berada di antara waktu makan atau tidur.

Penderita diabetes sering kali memberikan suntikan insulin atau menggunakan insulin inhalasi untuk meningkatkan kadar gula darahnya.

Karakteristik insulin

Insulin ada dalam bentuk suspensi dan memiliki kekuatan berbeda. Standar kekuatan yang digunakan di Amerika adalah U-100. Artinya mengandung 100 unit insulin per mililiter cairan.

Meskipun kekuatan insulin bervariasi, aksinya bergantung pada tiga karakteristik: permulaan, waktu puncak dan durasi.

Waktu puncak adalah saat, di mana insulin berada pada efektivitas maksimal dalam menurunkan kadar gula darah.

Durasi mengacu pada berapa lama insulin terus menurunkan kadar gula darah.


Jenis insulin

Insulin adalah protein. Menyuntikkannya di bawah lemak kulit secara efektif mengangkutnya ke darah. Insulin tidak tersedia dalam bentuk pil karena enzim pencernaan Anda dapat memecahnya sehingga tidak efektif.

Ada beberapa jenis insulin yang tersedia untuk penderita diabetes. Jika Anda diberi resep insulin, pastikan untuk memeriksa dosis pada informasi peresepan merek insulin spesifik Anda.

Insulin kerja cepat

Insulin kerja cepat mulai bekerja segera setelah disuntikkan dan biasanya diminum tepat sebelum makan. Waktu pasti yang dibutuhkan insulin kerja cepat untuk bekerja bergantung pada mereknya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), umumnya insulin bekerja:
Permulaan: 15 menit
Puncak: 1 jam
Durasi: 2–4 jam

Berdasarkan penelitian pada 2020, bagi penderita diabetes tipe 1, lispro (Humalog) biasanya mulai berlaku 31 menit setelah penyuntikan dengan durasi antara 5,7 hingga 6,6 jam.

Bagi penderita diabetes tipe 2, efeknya biasanya muncul setelah 45 menit dan berlangsung sekitar 6,7 jam. Waktu puncak untuk lispro (Humalog) adalah sekitar 30 hingga 90 menit.

Insulin yang bekerja secara teratur

Disebut juga insulin kerja pendek, insulin jenis ini sering diminum 30 hingga 60 menit sebelum makan. Itu CDC mencatat bahwa hal ini secara umum berlaku:
Permulaan: 30 menit
Puncak: 2–3 jam
Durasi: 3–6 jam

Contoh insulin kerja pendek meliputi:
insulin manusia biasa
Novolin R
Humulin R


Insulin kerja menengah

Insulin jenis ini digunakan pada malam hari atau untuk insulin setengah hari. Dapat digunakan dengan insulin kerja cepat atau pendek. Insulin kerja menengah cenderung berpengaruh:

Permulaan: 2–4 jam
Puncak: 4–12 jam
Durasi: 12–18 jam
Waktu mencapai puncak plasma: 6–10 jam

Contoh insulin kerja menengah termasuk Novolin N dan Humulin N.

Insulin kerja panjang

Insulin jenis ini dapat memberikan insulin selama sehari penuh. Insulin ini tidak mencapai puncaknya tetapi stabil sepanjang hari.

Secara umum, insulin kerja panjang mulai berlaku:
Permulaan: 2 jam
Puncak: Tidak ada
Durasi: Hingga 24 jam

Contoh insulin kerja panjang termasuk glargine ( Lantus ) dan detemir ( Levemir ).

Faktor yang mempengaruhi penyerapan insulin

Peneliti telah menunjukkan bahwa perilaku insulin setelah pemberian dapat bervariasi. Artinya, ada kecenderungan insulin tidak mengikuti standar permulaan kerjanya.

Beberapa faktor dapat mempengaruhi penyerapan insulin.

Tempat suntikan
Penderita diabetes biasanya menggunakan tiga wilayah sebagai tempat suntikan insulin: lengan atas, tungkai atas, dan perut.

Dari ketiga tempat tersebut, perut menghasilkan penyerapan insulin yang paling efektif dan cepat, menurut American Diabetes Association (ADA) . Wilayah kaki bagian atas menghasilkan hasil paling lambat.

Frekuensi penggunaan tempat suntikan
Saat Anda menyuntikkan insulin dengan jarum suntik atau pena, insulin disuntikkan ke dalam lapisan jaringan lemak tepat di bawah kulit. Jika Anda memberikan suntikan di dekat tempat yang sama setiap kali, Anda mungkin mengalami benjolan keras atau timbunan lemak. Hal ini dapat mempengaruhi penyerapan insulin.

Pada orang yang harus menyuntikkan dosis besar beberapa kali sehari, hal ini mungkin menjadi masalah.

Faktor fisik
Faktor fisik yang meningkatkan aliran darah dapat mempercepat penyerapan insulin. Ini mungkin termasuk, olahraga, sauna, pemandian air panas, paparan panas.

Penyerapan insulin berkurang karena merokok
Cara kerja insulin yang sebenarnya dapat berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor fisik dan gaya hidup apa yang akan memengaruhi cara kerja insulin dalam tubuh Anda dan cara kerjanya menurunkan kadar gula darah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)