Kicau Burung Pengisi Waktu Selebritas

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 09:45 WIB
loading...
A A A
Presenter Denny Cagur pun memiliki banyak jenis burung kicau di rumahnya. Sebut saja jalak suren, kenari, lovebird, dan murai yang menjadi favoritnya.

Kicauan murai dianggap bapak dua anak ini paling enak didengar karena berbeda dari burung lain. Apalagi kicauannya memang cukup panjang. Tak mengherankan jika saat pertama kali mengikuti gantaran burung murainya pun berhasil menang. "Ikut lomba pun awalnya hanya mau tahu seperti apa, ternyata seru juga. Terbukti dulu beli burung ini dari peternak yang bibitnya juga suka menang lomba," ujar Denny.

Saat itu murai milik Denny berhasil masuk 10 besar dari 50 peserta. Kemudian pada sesi kedua, dia dapat juara tiga. Pengalaman pertamanya ini cukup berkesan karena dia sempat bingung tentang cara membawa kandang ke lokasi lomba. Rupanya itu karena dia punya kandang cukup besar sehingga tidak muat ke mobil yang biasa dipakainya. Akhirnya, dia memakai mobil lain agar kandang bisa masuk mobil. Sebelum pergi dia harus mengeluarkan beberapa barang di mobil agar kandang masuk dengan leluasa.

Denny ingin sering mengikuti lomba, namun kesibukannya di dunia hiburan membuatnya jarang punya kesempatan. Karena itu, murai dan beberapa burung lainnya hanya berada di kandang di rumah guna menghiburnya ketika sedang berada di rumah. (Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Hobi Mendatangkan Rejeki)

Beda Denny, beda pula pelawak Opie Kumis. Sebelum mulai mengoleksi berbagai jenis burung, Opie justru dulu datang ke gantangan dan memutuskan memiliki beberapa jenis burung kemudian diternakkan. Ada murai, kenari, jalak suren, jalak bali, lovebird, hingga perkutut dan parkit.

Opie sangat serius memelihara burung-burungnya. Dia kasih tempat khusus di samping rumahnya. Layaknya peternakan burung, Opie pun memiliki banyak kandang dan kebutuhan burung lain. "Tempat kumpul anak-anak muda dan mereka yang hobi burung. Lumayan buat mengisi waktu. Kalau sedang tidak syuting saya teriakin burung-burung," ungkapnya.

Burung favorit Opie adalah murai batu dan kebetulan sering menjuarai lomba kicau. Murai batunya juga sudah ditawar lebih dari Rp30 juta, namun Opie tidak melepasnya.

Satu lagi burung yang mengesankan Opie adalah cucak hijau yang dulu dibelinya seharga Rp1,3 juta. Dia telah melatih burung itu dan mengikutkannya di banyak perlombaan. Karena itu, saat dijual cucak hijau miliknya bisa laku Rp12 juta. (Lihat videonya: Melanggar Protokol Kesehatan, 31 Perkantoran Ditutup Sementara)

Opie mengatakan, bukan masalah harga burung yang menjadi mahal sejak dia beli. Baginya, ada kepuasan tersendiri jika burung yang selama ini dia rawat dan dilatihnya menjadi juara. Belum lagi jika burung-burung yang Opie ternak hidup sehat, bahkan usianya panjang. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)