Keren! Siti Atikoh Gunakan Bahasa Jepang dan Inggris Depan Mahasiswa UNS

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:33 WIB
loading...
Keren! Siti Atikoh Gunakan Bahasa Jepang dan Inggris Depan Mahasiswa UNS
Siti Atikoh menggunakan bahasa Inggris dan Jepang saat menghadiri ASJI di UNS. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Siti Atikoh Supriyanti menggunakan bahasa Inggris dan Jepang saat menghadiri acara ASJI Annual, International Symposium and Seminar on Japanese Studies in Indonesia di Universitas Sebelas Maret atau UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023).

Dalam pidatonya, Atikoh mengatakan Jepang dan Indonesia memiliki hubungan diplomasi yang baik dan ikatan kuat. Dia pun memaparkan empat potensi kerja sama. Pernyataan Siti Atikoh ini langsung membuat riuh peserta yang hadir.



Kehadiran Atikoh ini sebagai Dewan Kehormatan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) itu kemudian menceritakan hubungan Jepang-Indonesia yang erat.

"Saat kita menghadapi berbagai tantangan, seperti bencana alam, pandemi, dan ketidakpastian ekonomi, kita harus bekerja sama untuk mengatasi permasalahan ini dan memastikan kesejahteraan warga negara kita," ungkap Atikoh.

Istri calon presiden Ganjar Pranowo itu kemudian menyampaikan empat sektor yang potensial kerja sama. Yakni kesehatan, kebencanaan, stabilitas ekonomi dan kesetaraan gender.

Menurutnya, baik Jepang maupun Indonesia, Atikoh mengatakan, sama-sama rentan terhadap gempa bumi, tsunami, dan bencana alam lainnya.

"Dengan berbagi pengetahuan, keahlian, dan praktik terbaik, kita dapat meningkatkan sistem manajemen bencana dan meminimalkan dampaknya terhadap masyarakat," ujarnya

Lebih lanjut Atokoh mengatakan Jepang-Indonesia punya potensi kerja sama di sektor kesehatan. Menurutnya, Jepang merupakan negara terdepan dalam kemajuan dan teknologi medis.

"Dengan membina kemitraan dalam penelitian, pengembangan, dan infrastruktur layanan kesehatan, kita dapat memperkuat sistem layanan kesehatan kita dan memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal di saat krisis," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)
pixels