Begini Cara Masak Bayam Paling Sehat, Jangan Terlalu Matang

Jum'at, 08 Desember 2023 - 12:20 WIB
loading...
Begini Cara Masak Bayam Paling Sehat, Jangan Terlalu Matang
Ada cara sehat untuk masak bayam agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada cara sehat untuk masak bayam agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat.

Seringkali disarankan untuk menambahkan bayam ke dalam makanan harian, terutama selama musim hujan. Namun, tidak mengonsumsi bayam dengan cara yang benar dapat memengaruhi nilai gizinya.

Seperti diketahui, cara memasak mempengaruhi kandungan gizi suatu makanan. Demikian pula, bayam juga harus dikonsumsi dengan cara yang benar untuk mempertahankan semua nutrisi penting.

Dilansir dari NDTV, Jumat (8/12/2023) ahli gizi merekomendasikan memasak bayam dengan ringan.



Begini Cara Masak Bayam Paling Sehat, Jangan Terlalu Matang

Foto/Infografis SINDOnews

Bayam yang dimasak sebentar mengandung semua nutrisi penting dengan asam oksalat yang terbatas. Selain itu, bayam yang terlalu matang dapat menyebabkan hilangnya nutrisi.

Cara memasak ini juga dapat menghabiskan semua kalsium yang ada di dalamnya. Di sisi lain, mengonsumsi bayam mentah dapat berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat mengganggu penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi. Asam oksalat membentuk kristal ketika terikat dengan kalsium.

Oleh karena itu, mengonsumsi bayam mentah dapat memicu risiko terjadinya batu ginjal. Sementara itu, mencampur bayam dalam smoothie adalah kebiasaan yang sangat umum saat ini.



Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa memblender daun bayam mampu memecah serat dan tidak menghilangkan asam oksalat yang ada di dalamnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2717 seconds (0.1#10.140)