Benarkah Minuman Bersoda Bisa Atasi Makanan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Faktanya

Jum'at, 15 Desember 2023 - 00:03 WIB
loading...
Benarkah Minuman Bersoda Bisa Atasi Makanan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Faktanya
Banyak orang berupaya mengatasi masalah makanan yang nyangkut di kerongkongan dengan minuman bersoda. Foto/ bizvibe
A A A
JAKARTA - Banyak orang berupaya mengatasi masalah makanan yang nyangkut di kerongkongan dengan minuman bersoda . Benarkah?

Dikutip New Atlas pada Kamis (14/12/2023), ada fakta yang sangat berbeda dengan anggapan tersebut. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Amsterdam University Medical Centers (Amsterdam UMC) ternyata mengatakan bahwa cara tersebut hanyalah mitos belaka.



Para ilmuwan ini bahkan menyarankan agar hal tersebut tidak dijadikan andalan untuk mengatasi masalah makanan yang tersangkut di tenggorokan.

"Sedihnya ada dokter yang merekomendasikan cara tersebut," ujar Arjan Bredenoord, salah satu peenliti dari Amsterdam UMC.

Dia mengatakan makanan yang tersangkut di tenggorokan merupakan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Pasalnya kondisi itu bisa menyebabkan rasa sakit. Apalagi orang yang mengalaminya bakal kesulitan untuk menelan air liur.

“Ini bisa sangat berbahaya, jadi penting bagi masyarakat untuk mendapatkan perawatan yang tepat,” kata Arjan Bredenoord.

Dari situ mereka kemudian melakukan perbandingan antara menggunakan minuman bersoda dan endoskopi dalam mengatasi masalah makanan nyangkut di tenggorkan. Dalam percobaan itu direkrut 51 orang dewasa.

Mereka kemudian disimulasikan mengalami makanan yang tersangkut ditenggorokan. Dari situ sebanyak 28 orang diminta meminum 25 ml minuman bersoda. Mereka diizinkan meminum hingga sebanyak 200 ml.

Sisanya justru tidak mendapatkan penanganan apa pun. Mereka hanya menunggu waktu hingga makanan yang nyangkut itu terlepas sendirinya dari tenggorokan. Jika itu tidak berhasil baru dilakukan pengangkatan endoskopi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)