alexametrics

Kulit Cantik dengan Probiotik

loading...
Kulit Cantik dengan Probiotik
Kulit Cantik dengan Probiotik. (Oneclickbeautycare).
A+ A-
SETELAH hyaluronic acid menjadi primadona kandungan dalam berbagai produk perawatan kulit, kini pada 2018 kandungan probiotiklah yang menjadi primadona.

Kandungan probiotik pun telah banyak dimanfaatkan untuk produk skin care. Seorang dokter kecantikan yang cukup populer di kalangan selebriti di New York, Dr Whitney Bowe, menurtukan, probiotik biasanya terkandung dalam produk makanan khususnya susu dan yoghurt.

Probiotik juga dikenal sebagai jenis bakteri yang memiliki manfaat baik bagi tubuh karena kaya antioxidant dan anti inflammatory yang mampu meregulasikan imun pada tubuh.



“Para ilmuwan di Eropa dan Amerika pun melakukan penelitian lebih lanjut pada bakteri ini. Hasilnya, setelah probiotik dikembangkan menjadi formula di dalam skin care, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit,” Dr Bowe, seperti yang dilansir dari Vogue.com .

Lebih lanjut Dr Bowe menjelaskan, skin care yang mengandung probiotik dapat menghasilkan peptide antimikroba yang merupakan antibiotik alami. Antibiotik ini bermanfaat untuk memerangi bakteri jahat di kulit, salah satunya untuk mengatasi jerawat.

“Selain itu, kandungan probiotik bersifat sebagai zat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan serta berbagai permasalahan kulit, seperti eksim dan rosacea ,” tambah Dr. Bowe.

Selain mampu membatasi pertumbuhan mikroorganisme serta menjadi zat an tiinflamasi, probiotik juga dapat mengurangi kondisi kering pada kulit serta memiliki efek antipenuaan dini.

Menurut Dr Bowe, dalam hal ini, probiotik bertindak seperti perisai pelindung yang ada di permukaan kulit. Tak hanya mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di kulit, menurut Dr Bowe, kandungan probiotik ternyata dapat mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi yang disebabkan faktor perusak eksternal.

Misalnya saja, paparan sinar matahari, debu, dan juga polusi. “Selain itu, probiotik yang terdapat pada skin care juga dapat mencerahkan wajah dengan mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati,” ujar Dr Bowe. Sementara itu, menurut dokter kulit Dr Francesca Fusco, kondisi kulit kadang terlalu kering atau berminyak.

Belum lagi kondisi lingkungan yang bisa menyebabkan inflamasi. Untuk mendapatkan kulit flawless dan glowy , maka Dr Fusco menyarankan menggunakan skin care mengandung probiotik. “Untuk kulit, probiotik cara kerjanya sama seperti di sistem pencernaan. Probiotik membantu menyeimbangkan kondisi kulit,” kata Dr Fusco.

Menurut Dr Fusco, sejumlah brand kecantikan memasukkan kandungan probiotik dalam produk kecantikan. Salah satunya La Roche-Posay dalam sabun cuci wajah Toleriane Hydrating Gentle Cleanser. Kandungan probiotik terkandung dalam moisturiezer dari Biossance yang membuat kulit tetap terhidrasi dan melindung kulit dari inflamasi.

“Ada pula sheet mask (masker tisu) dari Elizabeth Arden. Masker wajah ini menjanjikan membuat kulit glowy , cerah dan memperkecil pori-pori wajah,” ujar Dr Fusco. Skin care yang mengandung probiotik dihadirkan pula oleh Lancome Advanced Genifique.

Menurut Jr PR and Digital Marketing Manager Lancome Sally Buntoro, produk ini diformulasikan khusus untuk antiaging, menjaga struktur lapisan dermis pada kulit sehingga terlihat kenyal dan kencang. “Skin care ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan sensitif sekalipun,” ujar Sally.

Probiotik bahkan kini juga dicampurkan dalam produk make up. Seperti produk setting spray dari Too Face, yakni Hangover 3 in 1. Dr Fusco menuturkan produk ini mengandung kombinasi dari air kelapa dan probiotik.

Meski memiliki segudang manfaat baik untuk kulit, skin care yang mengandung probiotik umumnya memiliki tekstur yang lebih lengket dan terkadang membuat kulit terasa gatal bagi beberapa orang. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak