10 Fakta Menarik tentang Air Minum

Kamis, 08 Februari 2018 - 21:01 WIB
10 Fakta Menarik tentang Air Minum
10 Fakta Menarik tentang Air Minum
A A A
JAKARTA - Para dokter menyarankan untuk minum setidaknya 8-9 gelas air putih per hari. Minum air memiliki kekuatan yang cukup untuk menghilangkan kepenatan dan depresi dari tubuh.

Air melakukan banyak fungsi utama di tubuh, termasuk membawa nutrisi penting dari makanan yang Anda makan, mengatur suhu tubuh, membuang produk limbah, memecah dan mengangkut nutrisi, dan melumasi persendian.

Air juga diperlukan untuk melakukan fungsi tubuh lainnya serta menjaga keseimbangan pH, metabolisme, pernapasan, mencegah sembelit, memastikan fungsi ginjal yang tepat, dan pengencangan kulit.

Fakta lainnya, air memainkan peran kunci dalam berfungsinya sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem pernapasan dan sistem ekskretoris.

Berikut ini 10 fakta kesehatan yang menarik tentang air, seperti dilansir Boldsky.

1. Memaksimalkan Performa Fisik
Selama beraktivitas dengan padat atau saat berolahraga, tubuh cenderung mengalami dehidrasi. Ini menghabiskan setengah dari air dalam tubuh dan menyebabkan kelelahan, mengubah kontrol suhu tubuh, dan mengurangi motivasi. Nah, air minum dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

2. Fungsi Air untuk Otak
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mengurangi banyak aspek fungsi otak. Kurangnya air dapat mengganggu mood dan konsentrasi dan meningkatkan frekuensi sakit kepala, yang menyebabkan kekurangan ingatan dan kinerja otak.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

3. Air Bisa Mengobati Migrain
Dehidrasi dapat mengaktifkan sakit kepala migrain dan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Minum air putih bisa membantu meringankan sakit kepala dan pusing. Alih-alih meraih pil-pil itu setiap kali Anda menderita sakit kepala, minumlah segelas air untuk mengurangi sakit kepala.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

4. Air Mencegah Kerusakan
Minum alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan Anda mabuk, membuat tubuh merasa tidak enak. Alkohol membuat tubuh dehidrasi lebih cepat dan membuat Anda kehilangan lebih banyak air karena bersifat diuretik. Nah, minum cukup air akan mengurangi gejala mabuk.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa minum banyak air bisa membuat Anda menurunkan berat badan lebih cepat? Ya, ini adalah fakta bahwa air dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan meningkatkan kenyang. Minum air setengah jam sebelum makan dianggap efektif dalam menurunkan berat badan karena akan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

6. Baik untuk Ibu Hamil

Wanita hamil membutuhkan nutrisi dan air yang berharga untuk pertumbuhan janin yang tepat. Infeksi kandung kemih dan konstipasi terjadi selama kehamilan dan masalah kesehatan ini dapat dihindari jika ibu menyusui dan ibu minum air berlebih.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

7. Menghilangkan Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk di ginjal saat urin mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal. Minum 10 gelas air putih per hari, hal ini bisa mencegah pembentukan batu ginjal karena tidak memungkinkan garam dan mineral lainnya terbentuk menjadi batu sehingga membuang racun.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

8. Menjaga Suhu Tubuh

Tubuh manusia mengandung sekitar 60 persen air dan bertanggung jawab atas pengaturan suhu tubuh. Selama musim panas, tubuh Anda hangat dan untuk menurunkan panas dari tubuh. Jadi, sangat penting untuk minum banyak air untuk mendinginkan tubuh.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

9. Meningkatkan Metabolisme

Minum setidaknya 8 gelas air dalam sehari akan membawa oksigen dan nutrisi ke bagian tubuh yang lain. Ini juga membantu dalam mengeluarkan sel kulit mati, bahan sampah dan racun dari dalam tubuh. Jaga agar metabolisme tetap mengalir dengan banyak minum air putih.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum

10. Rheumatoid Arthritis

Air sangat bermanfaat dalam mencegah rheumatoid arthritis. Sendi tubuh manusia rentan terhadap gesekan terus menerus yang bisa menyebabkan artritis. Untuk menjaga sendi Anda dalam bentuk yang tepat dan mengurangi risiko artritis, minum banyak air.
10 Fakta Menarik tentang Air Minum
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6653 seconds (0.1#10.140)