alexametrics

Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

loading...
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia
Indonesia memiliki taman terumbu karang yang sangat indah. FOTO/IST
A+ A-
BAGI pemburu keindahan, pantai salah satunya identik dengan terumbu karang. Ya, terumbu karang adalah rumah bagi ikan. Banyaknya jenis ikan di sekitarnya membuat terumbu karang menjadi pemandangan indah ketika ada aktivitas diving atau snorkeling. Berikut ini 'surga' terumbu karang di Indonesia:

1. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

2. Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Taman Laut Wakatobi, merupakan nama kawasan taman laut nasional yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Laut Wakatobi memiliki luas 1,39 juta hektare (ha). Disamping sebagai pusat terumbu karang dunia, Taman Laut Nasional Wakatobi juga merupakan objek wisata bahari bagi para petualang alam bawah laut.

3. Kepulauan Derawan Berau (Kalimantan Timur)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Taman Laut Kepulauan Derawan yang memiliki 28 dive spot ini menempati urutan ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional. Ada 460 jenis terumbu karang dan sekitar 832 spesies ikan karang di Pulau Derawan.



4. Taman Nasional Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu tersusun oleh ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal. Taman ini terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau sekitar 2.136 hektare (reef flat 1.994 ha, laguna 119 ha, selat 18 ha dan teluk 5 ha), terumbu karang tipe fringing reef, dan mangrove.

5. Taman Laut Banda (Maluku)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Taman Laut Banda terletak di antara gugusan Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir dan Pulau Hatta di Kabupaten Maluku Tengah. Gugusan Pulau Neira merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Kajian Ekologis di Kepulauan Banda, menunjukkan bahwa terumbu karang di Banda memiliki keragaman hayati luar biasa, dengan adanya 310 jenis karang pembentuk terumbu, dan sekitar 871 spesies ikan.

6. Pulau Karimunjawa (Jawa Tengah)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Taman Nasional Karimunjawa di Kabupaten Jepara Jawa Tengah terdiri dari 22 pulau dan memiliki lima tipe ekosistem. Kelimanya yaitu terumbu karang, padang lamun serta rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah. Karimunjawa juga merupakan habitat dari berbagai flora khas seperti Dewadaru (Fragaea fagran), Kalimasada (Cordia subcordata), Setigi (Pemphis acudula) dan fauna yang dilindungi seperti Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Junai Emas (Caloenas nicobarica), dan Keong Gelung (Nautilus pompillus).

7. Pulau Peucang Ujung Kulon (Banten)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Pulau Peucang terkenal dengan keindahan pasir putih dan terumbu karangnya, dan air lautnya yang biru jernih. UNESCO menganugerahi pulau ini sebagai salah satu situs alam warisan dunia lantaran keberagaman flora dan faunanya. Pulau Peucang terletak di selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, di samping timur Taman Nasional Ujung Kulon.

8. Taman Laut Selat Pantar (NTT)
Daftar Surga Terumbu Karang di Indonesia

Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.

Fakta Terumbu Karang Indonesia
Menurut Greenpeace, luas terumbu karang Indonesia mencapai 50.875 km2
Jumlah ini 18% dari luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle (kawasan Pusat Segitiga Terumbu Karang).
Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia.
Indonesia memiliki kekayaan jenis karang paling tinggi yaitu 569 jenis dari 82 marga dan 15 suku dari total 845 jenis karang di dunia.
Sedikitnya tercatat 2.200 spesies ikan karang di terumbu karang Indonesia.
Indonesia juga merupakan pusat keanekaragaman mangrove dan lamun di dunia, merupakan tempat bagi seperlima hutan mangrove dunia dan ekosistem lamun yang luas.
Penelitian LIPI 2017 menyebutkan, sekitar 6,39% terumbu karang dalam kondisi sangat baik, baik (23,40%), cukup (35,06%) dan kondisi jelek (35,15%).


Indonesia Segitiga Terumbu Karang
Segitiga terumbu karang atau disebut juga “Coral Triangle” merupakan wilayah perairan di daerah tropis dengan luas 5,7 km2 meliputi 6 negara yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste.
Indonesia merupakan kawasan segitiga terumbu karang yang memiliki terumbu karang cukup baik di antaranya Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.
Jumlah jenis terumbu karang di Raja Ampat merupakan 75% dari seluruh jenis terumbu karang dunia.
Beberapa kepulauan Indonesia juga memiliki jenis karang cukup tinggi yakni Kepulauan Derawan (444 jenis karang), Pulau Banda (330 jenis), Nusa Penida, Komodo, Bunaken, Wakatobi dan Teluk Cendrawasih.
(amm)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak