Tips Jaga Imun Tubuh Tetap Kuat ala Dokter Zaidul Akbar, Cegah Covid-19

Kamis, 28 Desember 2023 - 04:04 WIB
loading...
Tips Jaga Imun Tubuh Tetap Kuat ala Dokter Zaidul Akbar, Cegah Covid-19
Salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari Covid-19 adalah dengan meningkatkan sistem imun. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Angka kasus Covid-19 kembali melonjak di Indonesia belakangan ini. Meski varian Covid-19 fatalistisnya rendah, namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari Covid-19 adalah dengan meningkatkan sistem imun. Lantas bagaimana cara meningkatkan sistem imun?

Dokter sekaligus pendakwah Islam dr Zaidul Akbar menjelaskan, kekebalan tubuh manusia 80 persen letaknya pada sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan bermasalah, sistem imun juga ikut menurun.



Untuk itu, dr Zaidul Akbar mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

"Jadi semua yang bagus untuk sistem pencernaan yang kita makan dalam bentuk produk ciptaan Allah yang nggak banyak bahan kimianya, nggak banyak modifikasi, dan masih alami, itulah yang akan menguatkan tubuh kita. Kayak kurma, minyak zaitun, madu, dan habatusaudah akan meningkatkan imunitas tubuh," beber dr Zaidul Akbar, dikutip dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Kamis (28/12/2023).

Selain itu, dr Zaidul Akbar juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan fermentasi, seperti tempe. Menurutnya, makanan fermentasi sangat bagus untuk pencernaan.

"Terus juga konsumsi probiotik, sekarang banyak yang jual, itu juga bagus untuk meningkatkan sistem imun," tambahnya.



Dokter Zaidul Akbar memberi resep andalan untuk meningkatkan sistem imun menggunakan bahan-bahan alami. Anda disarankan mengonsumsi habbatussauda paling sedikit lima butir dalam sehari, kemudian minum madu dan probiotik.

"Minum madu setiap waktu shalat, satu sendok makan. Madunya juga boleh dicampur dengan probiotik di dalam satu gelas air," tuturnya.

"Probiotik buat kumur-kumur juga bagus. Probiotik juga bisa untuk nebulizer, jadi bagus untuk membersihkan saluran napas, untuk terapi inhalasi dengan mengubah molekul cairan jadi gas sehingga lebih gampang untuk diserap tubuh," sambungnya.

Ia juga menyarankan untuk menyediakan diffuser dan essential oil untuk memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2867 seconds (0.1#10.140)