6 Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Nomor 3 Perhatikan Asupan Makanan

Sabtu, 30 Desember 2023 - 07:00 WIB
loading...
6 Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Nomor 3 Perhatikan Asupan Makanan
Jerawat menjadi masalah kulit yang bikin kesal. Area yang sering menjadi tempat tumbuh jerawat adalah dagu. Foto/ hearstapps.
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit sejuta umat. Salah satu area yang sering menjadi tempat tumbuhnya jerawat adalah dagu.

Sama halnya dengan jerawat di area wajah, leher, dada dan punggung, jerawat di dagu juga disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat sebum, sel kulit mati, atau bakteri.



Lantas, bagaimana saja cara mengatasi jerawat yang kerap muncul di area dagu? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (30/12/2023).

Cara Mengatasi Jerawat

1. Rutin membersihkan wajah

Sama seperti di area lainnya, selain disebabkan oleh hormon, kebersihan kulit yang kurang terjaga juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu.

Melewatkan double cleansing setelah seharian beraktivitas, baik itu menggunakan makeup atau tidak, bisa membuat kotoran, bakteri dan minyak tetap bersarang di kulit, sehingga menyumbat pori-pori.

Ketika jerawat di dagu sudah mulai muncul, lakukan pembersihan kulit wajah dengan 2 tahap.

Tahap pertama menggunakan first cleanser seperti cleansing oil atau micellar water, kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua menggunakan sabun wajah yang lembut.

2. Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat adalah salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari, tidak terkecuali jerawat di area dagu. Pasalnya, kebiasaan ini dapat membuat bakteri yang ada di tangan menginfeksi jerawat sehingga kondisinya jadi lebih buruk.

Pada jerawat meradang yang parah, memencet jerawat bisa menyebabkan dinding pori-pori pecah dan nanah di dalam jerawat masuk ke lapisan kulit, sehingga infeksi menyebar.

3. Menjaga asupan makanan

Jika Anda punya wajah yang rentan berjerawat, maka evaluasi kembali apa yang boleh dan harus dihindari dikonsumsi untuk mencegah timbulnya jerawat di dagu.

Batas konsumsi gula serta susu dan produk olahannya, lalu pilih makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi agar kulit terjaga kesehatannya.

4. Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin dan teratur bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara memperlancar sirkulasi darah.

Nah, saat sirkulasi darah lancar, sel kulit akan mendapat banyak asupan oksigen dan sel-sel kulit yang mati akan dikeluarkan dari tubuh. Namun jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan kulit wajah usai berolahraga.


5. Tidur teratur dan cukup

Kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi stres. Jika Anda mengalami stres, produksi hormon glukokortikoid akan meningkat.

Hormon ini bisa mengganggu fungsi dan struktur kulit, sehingga bisa memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur cukup dan teratur setiap hari, setidaknya 6-9 jam.

6. Pakai tabir surya

Paparan sinar matahari bisa memicu kemunculan jerawat sekaligus memperparah jerawat yang sudah ada.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tabir surya pada Pilihlah tabir surya yang aman untuk digunakan di kulit wajah dan sesuai dengan jenis kulit Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3082 seconds (0.1#10.140)