10 Cara Mengelola Diabetes usai Pesta Tahun Baru, Cegah Gula Darah Tinggi

Senin, 01 Januari 2024 - 09:05 WIB
loading...
A A A

4. Minum Banyak Air Putih


Jagalah agar diri Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Pastikan asupan setidaknya 2,5-3 liter cairan setiap hari, dan tambah 0,5-1 liter cairan setelah konsumsi alkohol.

5. Olahraga


Pastikan olahraga atau setidaknya 15 menit berjalan kaki setelah makan untuk mengatasi lonjakan postprandial. Ada berbagai cara mudah untuk tetap aktif selama tahun baru seperti menari, bermain, dan jalan-jalan.



6. Batasi Konsumsi Alkohol


Hindari memadukan alkohol dengan minuman soda, jus atau sirup tinggi gula, air tonik, dan minuman manis serta berenergi tinggi lainnya. Beri jeda minimal 2 jam dan pilih sayuran dalam bentuk salad, tumis, digoreng atau dipanggang, ayam, dan makanan pembuka berbahan dasar ikan.

7. Cek Kadar Gula Darah


Jika mengonsumsi alkohol, periksa kadar gula darah sebelum tidur. Pertimbangkan untuk mengonsumsi camilan sebelum tidur untuk mencegah gula darah rendah dalam semalam.

8. Meditasi


Luangkan waktu untuk diri sendiri, manjakan diri dengan mandi santai, membaca buku, atau temukan momen relaksasi pribadi. Berlatih meditasi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan tidur membantu mengurangi tingkat stres.

9. Tidur Berkualitas


Usahakan tidur berkualitas 7-8 jam setiap malamnya. Prioritaskan acara dengan tidak merasa wajib menghadiri setiap acara.

10. Kembali ke Rutinitas


Hindari berpikir berlebihan atau merasa bersalah atas makanan yang Anda konsumsi. Tetap termotivasi untuk kembali ke rutinitas Anda. Strategi sederhana namun efektif ini dapat membantu mengelola diabetes pada momen perayaan tahun baru dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan, namun tidak menjadi pengacau pesta.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4256 seconds (0.1#10.140)