Penderita Diabetes Tipe 2 Wajib Ubah Pola Makan, Begini Caranya!

Jum'at, 01 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
Penderita Diabetes Tipe 2 Wajib Ubah Pola Makan, Begini Caranya!
Mengonsumsi makanan yang seimbang jadi bagian penting mengelola diabetes tipe 2. Foto/ apollosugar.
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan yang seimbang adalah bagian penting dalam mengelola diabetes tipe 2 .

Dalam jangka pendek, makanan dan camilan yang Anda makan memengaruhi kadar gula darah. Dalam jangka panjang, kebiasaan makan dapat memengaruhi risiko terkena komplikasi diabetes tipe 2.


Perubahan Pola Makan Penderita Diabetes Tipe 2

1. Latih kontrol porsi makan

Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan Anda dapat membantu menurunkan kadar gula darah, menurut para peneliti di jurnal Diabetes Care.

Menurunkan berat badan juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, komplikasi umum diabetes tipe 2.

Untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan target berat badan, dokter Anda mungkin akan mendorong Anda untuk mempraktikkan kontrol porsi.

Tergantung pada berat badan Anda saat ini, kebiasaan makan, dan riwayat kesehatan Anda, mereka mungkin menyarankan Anda untuk mencoba mengurangi jumlah kalori dalam makanan atau camilan Anda.

Mempraktikkan kontrol porsi juga dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran target.

2. Pilihlah makanan yang kaya nutrisi

Mengonsumsi berbagai macam makanan padat nutrisi dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Secara umum, makanan “padat nutrisi” berarti makanan yang mengandung banyak nutrisi – seperti vitamin dan mineral – baik untuk ukuran atau nilai kalorinya.

Namun, tergantung pada kebutuhan kesehatan Anda, dokter atau ahli diet Anda mungkin menyarankan Anda untuk membatasi beberapa makanan ini. Misal, beberapa penderita diabetes tipe 2 mungkin mendapat manfaat dari mengikuti diet rendah karbohidrat yang membatasi buah-buahan, sayuran bertepung, kacang-kacangan kering, dan biji-bijian.

Jika Anda mengalami hal tersebut, pilihlah makanan kaya nutrisi dan juga rendah karbohidrat, seperti protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sayuran tertentu – seperti sayuran berdaun hijau atau brokoli – kaya akan nutrisi tetapi rendah karbohidrat.

Terlepas dari pola makan spesifik yang Anda ikuti, yang terbaik adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi setiap kali makan.

3. Batasi asupan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan cenderung rendah nutrisi namun tinggi kalori. Makan terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah dan berkontribusi terhadap penambahan berat badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)