6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan, Kenali dan Coba Lakukan!

Rabu, 03 Januari 2024 - 09:51 WIB
loading...
6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan, Kenali dan Coba Lakukan!
Ada sejumlah kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk kesehatan. Salah satunya menyikat gigi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah bermeditasi.

Tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan lelah setelah seharian beraktivitas. Untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk kebiasaan-kebiasaan tertentu.

Umumnya, seseorang memiliki kebiasaan tersendiri ketika hendak tidur. Misalnya mendinginkan tempat tidur, membasuh kaki, hingga mandi. Selain kegiatan-kegiatan tersebut, ternyata ada banyak kebiasaan sebelum tidur lain yang diketahui baik untuk kesehatan. Seperti tersaji dalam informasi yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.


Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik bagi Kesehatan

1. Mematikan atau Meredupkan Lampu

Kamar tidur yang gelap cenderung meningkatkan produksi melatonin penyebab kantuk. Selain itu, kondisi ini juga bisa meminimalisir risiko terganggunya tidur akibat pancaran sinar cahaya dari lampu.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa tidur dalam keadaan gelap gulita. Tak perlu khawatir karena sebenarnya Anda tidak harus selalu mematikan lampu sepenuhnya ketika tidur. Cukup redupkan saja lampu di kamar. Jika sulit dilakukan, belilah sejenis lampu kamar yang kecil untuk digunakan ketika hendak tidur.

2. Jauhi Gadget

Kebanyakan orang terbiasa memainkan ponsel ketika hendak tidur. Meski sekadar scroll media sosial atau chat dengan pasangan, mereka bisa menghabiskan waktu yang cukup lama untuk hal tersebut.

Mengutip Healthline, perangkat elektronik seperti ponsel dapat memancarkan cahaya berwarna biru. Hal tersebut bisa menurunkan kadar melatonin pada tubuh.

Sebagai informasi, melatonin merupakan hormon yang mengontrol siklus tidur/bangun seseorang. Ketika hormon tersebut menurun, Anda akan merasa lebih sulit tertidur.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak meletakkan ponsel di dekat tempat tidur. Pasalnya, ada beberapa hal yang dapat mengganggu tidur seperti dengungan notifikasi hingga pancaran sinar yang muncul tiba-tiba.

3. Meditasi

Meditasi juga menjadi aktivitas yang baik dilakukan ketika akan beranjak ke peraduan. Kegiatan relaksasi ini mampu menghilangkan stres dan rasa lelah pada tubuh seseorang.

Melakukan meditasi juga dianggap membantu seseorang memperoleh tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memasang aromaterapi yang wanginya tidak menusuk agar kegiatan meditasi semakin nyaman.

4. Mengurangi Kafein

Setiap orang memiliki toleransi yang berbeda akan kafein. Pada beberapa orang, efek kafein bisa bertahan antara 3-7 jam setelah mengonsumsinya.

Sebagai ganti, Anda minum air putih saja. Minum air putih tak hanya meminimalisir kemungkinan sulit tidur, tubuh juga tetap terjaga asupan cairannya ketika bangun di pagi hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)