4 Alasan Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong, Bisa Picu Maag

Rabu, 03 Januari 2024 - 21:12 WIB
loading...
4 Alasan Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong, Bisa Picu Maag
Ada beberapa alasan tidak boleh minum teh saat perut kosong. Meski dapat memberi tubuh energi untuk memulai hari, namun hal ini tidak disarankan demi kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa alasan tidak boleh minum teh saat perut kosong. Meski dapat langsung meningkatkan suasana hati serta memberi tubuh energi yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari, namun hal ini tidak disarankan demi kesehatan .

Kebiasaan minum teh saat perut kosong diam-diam bisa merusak sistem pencernaan. Namun, kebanyakan orang memulai hari dengan teh hitam atau teh masala yang dibuat dengan susu, yang rasanya enak, tapi juga memicu penyakit pencernaan.

Seperti halnya maag, kembung, dan rasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa Anda harus menghindari minum teh saat perut kosong dilansir dari Times of India, Rabu (3/1/2024).

Alasan Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong





4 Alasan Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong, Bisa Picu Maag

Foto/Infografis SINDOnews

1. Mempengaruhi Metabolisme


Minuman pertama di pagi hari membantu menghilangkan bakteri, namun meminum kafein dan susu dalam jumlah tinggi di pagi hari dapat mempengaruhi keluarnya bakteri dari mulut ke usus, sehingga mempengaruhi pencernaan dan metabolisme.

Kebiasaan ini tidak hanya mempengaruhi pencernaan, metabolisme, tetapi juga menyebabkan kesehatan usus yang buruk.

2. Picu Sakit Maag


Minum minuman berbahan dasar kafein tinggi saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, kembung, nyeri, dan memperparah nyeri maag. Pasalnya, asam pada minuman berbahan dasar teh atau kafein mengganggu pencernaan asam di lambung hingga memicu kembung dan naiknya asam lambung.



3. Dehidrasi


Minum teh saat perut kosong bisa membuat Anda dehidrasi. Hal ini karena teh bersifat diuretik, yang menyebabkan sering buang air kecil dan jika tubuh tidak mendapat cukup cairan, akibatnya dapat menyebabkan dehidrasi parah.

4. Berdampak pada Penyerapan Nutrisi


Minum teh saat perut kosong dapat mempengaruhi perkembangan tubuh karena keberadaan tanin dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi dan nutrisi penting lainnya dari makanan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)