Tilda Swinton Mengubah Perspektif Mode Para Desainer

Sabtu, 24 Maret 2018 - 12:15 WIB
Tilda Swinton Mengubah Perspektif Mode Para Desainer
Tilda Swinton Mengubah Perspektif Mode Para Desainer
A A A
MENGAPA Tilda Swinton disebut-sebut sebagai muse atau semacam inspirasi bagi para desainer dan seniman? Itu karena dia dianggap melambangkan semua hal yang berbau androgini. Wajahnya alami tanpa banyak polesan, dan gaya berbusananya dicap sebagai mirip bunglon. Digambarkan sebagai "eksistensialis", Tilda berasal dari kelompok wanita yang sangat langka, mewakili segala sesuatu yang diperlukan untuk menjadi seorang inspirator; berpengaruh, penuh gairah, dan transformatif.

Dikutip The Fashion Hub, dia menjadi muse atau stimulus kreatif untuk orangorang seperti Saint Laurent, Celine, Haider Ackermann, dan Raf Simons. Tilda dinilai berkontribusi pada semua hal yang berhubungan dengan mode saat ini. Gaya berpakaiannya yang minimalis juga dianggap sebagai gaya berpakaian nongender. Dia juga menjadi salah satu orang yang membuat setelan jas menjadi sesuatu yang feminin, memanfaatkan potongan siluet terbaik, dan tampil tanpa riasan wajah. Tampilannya yang estetik dan sinematik ini membuat banyak seniman dan desainer mendefinisikan ulang arti mode.

Tilda telah memikat industri mode dengan penampilannya yang mencolok dan kehadirannya yang penuh gaya berbeda. Menurut W magazine, Tilda mengaku perkenalannya lebih intens dengan dunia mode dimulai sejak dirinya berperan dalam film The Beach bersama Leonardo DiCaprio. Kala itu dia merasa sangat tidak nyaman didandani oleh orang yang tidak mengenal dirinya atau kepribadiannya. Dia pun mulai menghubungi temannya, Jerry Stafford, yang disebutnya sebagai teman "bermain" dalam dunia mode.

Jerry-lah yang memperkenalkan Tilda dengan Viktor & Rolf, yang akhirnya menjadikan dia sebagai muse. Tilda juga dilaporkan menjadi muse atau inspirasi bagi Lanvin Alber Elbaz, Haider Ackermann, Stefano Pilati dari Yves Saint Laurent, Phoebe Philo dari Celine, dan Raf Simons. Dia juga menjadi muse untuk Chanel, Haider Ackermann, termasuk perancang busana ternama Karl Lagerfeld.

(Baca Juga: Tilda Swinton, Androgini yang Menjadi Inspirasi Para Desainer
Dia juga menjadi favorit bagi fotografer, salah satunya Craig McDean yang berulang kali memotretnya. Persahabatannya dengan para desainer sangat penting di mata Tilda. "Agar seseorang tahu apa yang Anda butuhkan untuk membuat Anda nyaman, mereka perlu tahu siapa Anda. Meminta mereka membuatkan pakaian seperti dimasaki oleh seseorang yang tahu apa makanan kesukaanmu," tuturnya.

Dikutip Business of Fashion (Bof), Tilda bukan hanya sebagai fashion plate, tapi dia adalah seniman yang menyadari kekuatan kostum dan cekatan dalam menilai suasana hati, serta pintar meninggalkan kesan. Dia sangat terlibat dalam proses kreatif. Dari beberapa gaya yang dimiliki Tilda, daya tarik koleksinya terletak pada "kelembutan" dengan "setelan perak yang ngerock" yang menjadi favoritnya. Meski begitu, Tilda mengaku tidak terlalu memperhatikan dunia mode dan tidak mengikuti tren. Adapun yang dia lakukan hanyalah ingin memiliki gaya sesuai dengan keinginannya.

Misalnya saja saat sekolah dulu, Tilda kerap memutar seragamnya ke kiri atau ke kanan dan membuatnya sedikit berantakan hanya demi membuatnya merasa nyaman. "Orang-orang melihat gaya saya sebagai sesuatu yang supernyaman dan inspiratif, menarik, dan alami, tapi saya tidak pernah benar-benar memahami hal-hal tersebut," katanya, dikutip W magazine.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)