7 Tempat Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya

Sabtu, 13 Januari 2024 - 10:00 WIB
loading...
7 Tempat Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya
Beberapa tempat paling kotor di dapur kerap tidak disadari. Tak hanya berantakan, lantai lengket, atau oven berkerak, ada area dan objek yang terlewatkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa tempat paling kotor di dapur kerap tidak disadari. Tak hanya berantakan, lantai lengket, atau oven berkerak, seringkali, ada area dan objek yang terlewatkan dari pandangan mata.

Tanpa disadari, beda yang digunakan setiap hari saat menyiapkan makanan menjadi tempat paling kotor di dapur . Seperti meja dapur, gagang, wastafel, spons, botol air yang dapat digunakan kembali, sering disentuh setiap hari.

Sehingga sangat penting untuk mendisinfeksi tempat ini setiap hari atau beberapa kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan bakteri dan kontaminasi silang.

Tempat Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya



Berikut tempat paling kotor di dapur dan cara membersihkannya dilansir dari The Spurce, Sabtu (13/1/2024).



1. Semua Kenop, Pegangan, dan Bantalan Sentuh


Setiap peralatan di dapur Anda memiliki beberapa jenis panel kontrol atau pegangan yang disentuh setiap kali digunakan. Penting untuk mencuci semua kenop, tombol, atau panel sentuh setiap minggu karena hal-hal tersebut sering diabaikan saat membersihkan dapur secara menyeluruh.

Apalagi jika Anda menyentuhnya saat sedang memasak atau menangani makanan mentah. Pastikan untuk membersihkan penarik lemari dapur, gagang alat, dan panel kontrol menggunakan lap disinfektan atau pembersih disinfektan yang disemprotkan dan kain bersih atau handuk kertas.

2. Wastafel


Meskipun ada banyak air yang mengalir melalui wastafel dapur, kemungkinan besar terdapat mikroba yang bersembunyi di permukaan. Terutama di celah-celah tempat wastafel menyatu dengan meja dapur, di sekitar saluran pembuangan, dan sumbat pembuangan sampah.

Wastafel dapur harus didisinfeksi setelah menyiapkan makanan, mencuci piring atau setidaknya sekali sehari, dan jangan lupakan gagang dan keran serta area meja di dekat wastafel. Tempat itu menangkap semua cipratan ketika Anda membilas makanan yang terkontaminasi. Gunakan pembersih wastafel yang mengandung bahan disinfektan dan handuk bersih atau tisu desinfektan sekali pakai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)