6 Cara Cegah Rambut Rontok pada Penderita Diabetes

Jum'at, 19 Januari 2024 - 07:10 WIB
loading...
6 Cara Cegah Rambut Rontok pada Penderita Diabetes
Banyak yang belum mengetahui kalau diabetes ternyata bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Banyak yang belum mengetahui kalau diabetes ternyata bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Mengutip laman Very Well Health, rambut rontok dapat menjadi gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabete tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana pankreas tidak membuat insulin apa pun. Sementara diabetes tipe 2 merupakan bentuk diabetes yang paling umum, di mana tubuh membuat insulin tetapi tidak menggunakannya dengan benar. Keadaan ini disebut resistensi insulin.

Insulin adalah hormon penting yang membantu sel mengelola gula darah menjadi energi. Ketika insulin tidak dibuat atau digunakan dengan benar, itu menyebabkan gula darah tinggi. Keadaan tersebut dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat merusak pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen dan nutrisi ke unit folikel.



Tanpa oksigen yang cukup, siklus pertumbuhan rambut dapat terganggu, menghasilkan rambut tipis dan rapuh, dengan pertumbuhan yang lambat. Dengan kata lain, kadar glukosa yang tinggi dapat memperlambat pertumbuhan rambut, sehingga rontok lebih cepat daripada yang bisa tumbuh kembali. Hal ini menghasilkan penipisan serat rambut dan hilangnya kepadatan dan volume yang mencolok.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh penderita diabetes agar rambut tidak rontok terus-menerus? Mengutip laman Times of India, Jumat (19/1/2024), berikut cara cegah kerontokan untuk penderita diabetes.

1. Kelola Diabetes

Menjaga kadar gula darah Anda terkendali adalah langkah pertama. Ikuti rekomendasi penyedia layanan kesehatan Anda untuk obat-obatan, diet, olahraga, dan pemantauan rutin guna mempertahankan kadar glukosa yang stabil.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Diet seimbang sangat penting untuk kesehatan rambut. Gabungkan banyak buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian untuk memastikan tubuh Anda menerima nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

3. Olahraga Rutin

Aktivitas fisik tidak hanya membantu manajemen diabetes tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyehatkan kulit kepala dan folikel rambut Anda. Dengan begitu rambut rontok akan berkurang.


4. Kelola Tingkat Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memperburuk kerontokan rambut. Jelajahi teknik pengurangan stres seperti yoga, meditasi, atau perhatian untuk menjaga kesejahteraan emosional.

5. Perhatikan Perawatan Rambut

Hindari sampo dengan kandungan bahan kimia yang keras dan menata rambut secara berlebihan. Sebab, kedua hal ini dapat merusak barang rambut. Disarankan untuk menggunakan sampo ringan yang memiliki kandungan pH seimbang. Ini sangat baik untuk menjaga kulit kepala Anda tetap bersih dan sehat.

6. Intervensi Medis

Jika cara di atas tetap membuat rambut terus mengalami kerontokan, konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat untuk mengeksplorasi pilihan perawatan seperti minoxidil, GFC atau terapi PRP.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)