Tomat Ampuh Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi 36%, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 19 Januari 2024 - 08:03 WIB
loading...
A A A
Para penulis berteori bahwa usia populasi, masalah tekanan darah yang sudah berlangsung lama, pengerasan dinding arteri dan perubahan lain terkait penuaan dapat mencegah peningkatan tekanan darah secara keseluruhan hanya dengan konsumsi tomat.

Namun mereka mencatat bahwa konsumen tomat tampaknya membuat pilihan yang lebih sehat secara umum, termasuk mengonsumsi sejumlah kalori yang mendukung pengelolaan berat badan, mengurangi minum kopi dan alkohol, dan makan lebih banyak buah dan sayuran secara keseluruhan, yang mungkin dapat meningkatkan kesehatan dengan cara lain selain dari itu, tekanan darah untuk mereka yang berat badannya lebih tinggi.

Penulis penelitian menyimpulkan bahwa, setidaknya bagi mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki tekanan darah rendah, menambahkan tomat ke dalam makanan mereka dapat menjadi cara untuk mencegah kenaikan tekanan darah di masa depan dan dapat berperan dalam pencegahan.

“Pada hipertensi tingkat 1 tanpa komplikasi, modifikasi pola makan adalah kunci dalam penatalaksanaan awal sebelum resep obat; oleh karena itu, konsumsi tomat mungkin menjadi komponen penting dalam rencana makan sehat,” kata tim peneliti.



Mereka juga menekankan bahwa setiap hal kecil akan membantu kesehatan jangka panjang, dengan penurunan SBP sebesar 10 mmHg berpotensi mampu “menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20%, penyakit jantung koroner sebesar 17%, stroke sebesar 27%, gagal jantung sebesar 28%. %, dan semua penyebab kematian sebesar 13%.” Angka-angka tersebut patut dikejar jika yang diperlukan hanyalah beberapa gigitan tomat per hari.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)