Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Kenakan Masker saat Keluar Rumah

Jum'at, 19 Januari 2024 - 18:07 WIB
loading...
Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Kenakan Masker saat Keluar Rumah
Ketahui tips menjaga kesehatan di musim hujan agar tubuh tidak mudah drop dan terserang penyakit. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketahui tips menjaga kesehatan di musim hujan agar tubuh tidak mudah drop dan terserang penyakit.

Perubahan cuaca tentu sangat mempengaruhi metabolisme dan kekebalan tubuh. Tak jarang tubuh kaget dan merespon suhu tubuh meningkat, bersin-bersin, dan kepala pening.

Meski hal itu normal sebagai respons tubuh akibat perubahan cuaca dan suhu, bila tidak dijaga dengan baik akan berakibat pada penyakit yang lebih serius.

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan di musim hujan agar tidak mudah drop? Simak penjelasan berikut ini.


1. Pakai Masker saat Keluar Rumah

Musim hujan membuat polusi dan asap kendaraan tidak naik hingga ke atas langit. Alhasil, polusi berupa asap yang tidak naik ke langit akan terhirup dan masuk paru-paru. Tentu hal ini menyebabkan berbagai penyakit pernapasan hingga flu.

Untuk menghindari potensi penyakit tersebut, kenakan masker saat keluar rumah. Jangan lupa untuk selalu ganti masker setiap hari.

2. Perbanyak Asupan Vitamin

Asupan vitamin yang harus diperbanyak adalah vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. Jangan lupa perbanyak asupan makanan dengan kandungan vitamin C di dalamnya, seperti jeruk, stroberi, brokoli hingga bayam. Selain makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat musim penghujan. Dehidrasi membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit yang kerap muncul di musim hujan.

Perbanyak mengonsumsi air putih atau buah dengan kandungan air yang tinggi, sangat baik untuk mencegah dehidrasi di musim hujan. Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi air putih yang matang dan kebersihannya terjaga dengan baik.

4. Olahraga

Rutin berolahraga, sistem imun tubuh akan meningkat sehingga risiko paparan penyakit akan lebih menurun. Olahraga juga dapat membersihkan pernapasan dari polusi yang terhirup.


5. Istirahat yang Cukup

Idealnya, tidur selama 7-8 jam setiap malam agar sistem imun tubuh dalam kondisi yang optimal. Hal ini membuat kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan.

6. Perhatikan Pola Makan

Hindari mengonsumsi atau membeli makanan sembarangan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bersih dengan kandungan yang baik untuk kesehatan. Makanan yang kurang higienis membuat kamu lebih rentan mengalami berbagai penyakit selama musim hujan.

7. Jaga Kebersihan Tubuh

Jangan lupa mencuci tangan agar bakteri atau virus yang menempel pada tangan hilang. Sebaiknya cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan hingga setelah menggunakan toilet. Gunakan cairan antiseptic agar bakteri dan virus mati. Selain itu, pastikan kondisi kuku dalam keadaan bersih.

Itulah tips menjaga kesehatan di musim hujan. Dapatkan produk kesehatan lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips, dan review produk kebutuhanmu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)