5 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Kaya Potasium dan Magnesium

Sabtu, 20 Januari 2024 - 08:16 WIB
loading...
5 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Kaya Potasium dan Magnesium
Darah tinggi bisa menyebabkan gagal ginjal, jantung hingga stroke. Jadi, penting mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Darah tinggi bisa menyebabkan risiko penyakit gagal ginjal, jantung hingga stroke. Salah satu cara yang mudah untuk menjaga tekanan darah, yakni mengatur asupan makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya mampu menjaga tekanan darah karena kandungan nutrisi tertentu, di mana mengonsumsi makanan padat nutrisi yang kaya potasium dan magnesium. Dua kandungan ini mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.



Berikut ini makanan terbaik tekanan darah tinggi, dikutip dari Pinkvilla, Sabtu (20/1/2024).

Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

1. Bit

Buah bit mengandung nitrat yang sangat besar dan berdampak pada penurunan tekanan darah.

Sesuai studi pada 24 orang yang mengalami hipertensi , ditemukan bahwa mengonsumsi 250 ml jus bit dan makan 250 gram bit matang secara teratur selama beberapa minggu menghasilkan penurunan tekanan darah.

Selain hipertensi, buah bit juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti peningkatan jumlah darah, kekebalan, dan tingkat energi yang lebih baik, di samping tekanan darah yang optimal.

2. Brokoli

Brokoli mengandung zat alami seperti flavonoid dan antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah kita. Ini membantu menurunkan tekanan darah Anda. Selain itu, nitrat yang ada dalam Brokoli membantu mengendurkan pembuluh darah. Jadi, sertakan Brokoli dalam makanan Anda agar mengalami fluktuasi tekanan darah yang lebih sedikit dibandingkan tidak mengonsumsinya sama sekali.

3. Jeruk

Buah jeruk seperti lemon dan jeruk bali membantu Anda dalam menjaga tingkat tekanan darah. Buah ini memiliki segudang nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan senyawa tanaman lainnya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Jeruk bali kaya akan vitamin C, serat pektin, dan antioksidan. Ketika Anda minum jus jeruk bali secara teratur, Anda cenderung menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik Anda.

Untuk merasakan manfaatnya, selalu sertakan buah jeruk dalam salad atau minum jus jeruk bali secara teratur selama beberapa minggu untuk mengendalikan hipertensi Anda.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak Omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar oxylipin (senyawa yang menyempitkan pembuluh darah) dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Dengan menambahkan dua porsi ikan berlemak ke dalam makanan Anda untuk tekanan darah tinggi dapat membantu mengendalikan hipertensi.


5. Bayam

Sama seperti Brokoli, bayam juga sarat dengan nitrat. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Mereka membantu Anda mempertahankan tingkat tekanan darah yang normal.

Sementara kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam juga dapat menurunkan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini berkaitan juga dengan tekanan darah tinggi. Sebuah studi ilmiah terhadap 27 orang menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi sup bayam secara teratur selama seminggu ditemukan mengalami penurunan tekanan darah (baik SBP & DBP) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus dengan kandungan nitrat rendah.

Konsumsi sup bayam juga membantu mengurangi kekakuan arteri yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5696 seconds (0.1#10.140)