Alasan Kaki Tidak Boleh Diurut saat Keseleo, Ini yang Harus Dilakukan

Sabtu, 20 Januari 2024 - 14:29 WIB
loading...
Alasan Kaki Tidak Boleh Diurut saat Keseleo, Ini yang Harus Dilakukan
Banyak orang saat keseleo memilih pengobatan urut. Namun, hal itu tidak disarankan. Foto/ rapidcareemergency
A A A
JAKARTA – Kaki keseleo merupakan salah satu cedera yang kerap kali dirasakan banyak orang saat beraktivitas dan sebagian dari mereka memilih pengobatan urut untuk mengatasinya.

Padahal, tahukah Anda pada fase akut, yaitu 0-72 jam pascacedera, sebetulnya tidak disarankan melakukan pemijatan atau urut di bagian tubuh cedera.



Perawat sekaligus Healthy Lifestyle Educator, Rizal Do menjelaskan, pada saat keseleo, ligamen atau sendi mengalami robekan atau cedera sehingga pada saat pemijatan pada area cedera akan diberikan tenaga eksternal, yang justru berisiko memperluas area cedera dan timbul masalah baru pada area tersebut.

“Makin bengkak, makin lama sembuh. Kalau pun pengalaman masa lalu dipijat ternyata bisa langsung jalan, kemungkinan ada beberapa hal, yaitu cederanya ringan atau pergelangan kaki yang bengkak patah karena yang tadinya bengkak jadi lemas karena dipijat,” kata Rizal Do, dikutip dalam akun X miliknya @afrkml, Sabtu (20/1/2024).

Lebih lanjut, pada hari keempat atau lebih dari 72 jam, Rizal Do mengatakan diperbolehkan urut atau pijat, tetapi bukan pada area cedera, melainkan area sekitarnya. Misalnya terkilir di area pergelangan kaki maka yang dipijat adalah otot-otot tungkai bawahnya, bukan pijat ankle.

Untuk itu, sebaiknya apabila mengalami kondisi seperti itu pertolongan pertama yang diberikan adalah imobilisasi alias membatasi pergerakan pada area keseleo. Sebab, pada tubuh juga akan memberikan respon bagaimana menghadapi kondisi seperti itu.

“Sudah tau lagi keseleo, otak nyuruh sistem pembuluh darah buat ngirim banyak cairannya ke area cedera. Emang dibikin bengkak dan sakit agar sendinya gak bisa bergerak. Tetapi imobilisasi emang prinsip pertolongannya, kalau dipaksa bergerak apalagi dipijat justru akan melanggar prinsip tersebut yang mana akan memperparah cedera dan membuat proses penyembuhan lebih lama,” ucap Rizal Do.



Maka dari itu, Rizal Do menyarankan masyarakat ketika mengalami keseleo langkah yang bisa diambil yaitu dengan cara “PRICE” yaitu Protect (lindungi dari cedera tambahan), Rest (istirahatkan, jangan dipakai bergerak), Ice (kompres menggunakan es), Compress (balut), Elevation (angkat lebih tinggi dari jantung). Selanjutnya, apabila sudah melakukan langkah tersebut, Anda bisa mendatangi fasilitas kesehatan agar mendapatkan tindakan lebih lanjut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)