Tips Membuat Perut Mudah Kenyang, Jangan Makan Nasi Goreng dan Mi Goreng

Sabtu, 20 Januari 2024 - 17:31 WIB
loading...
Tips Membuat Perut Mudah Kenyang, Jangan Makan Nasi Goreng dan Mi Goreng
Makanan karbohidrat, seperti nasi goreng dan mi goreng memang nikmat dan bikin perut cepat kenyang. Foto/ getty
A A A
JAKARTA –Makanan karbohidrat , seperti nasi goreng, mi goreng dan roti sudah menjadi teman hidup sehari-hari. Tidak hanya karena mudah didapat, juga mempunyai harga relatif murah sehingga dapat membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

Akan tetapi, tahukah kamu jika ternyata makanan berkarbohidrat seperti itu justru dapat menimbulkan masalah kesehatan?



Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Kevin Mak menjelaskan bahwa makanan tersebut dapat membuat seseorang sulit merasa kenyang dan justru ingin makan lebih banyak dan menjadi tidak terkontrol.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir konsumsi makanan karbo , seperti nasi goreng atau mi goreng?

Dokter Kevin Mak menyarankan bahwa cara pertama, yaitu mulai minum air 30 menit sebelum makan. Hal ini bertujuan agar membantu meregangkan dinding lambung serta melepaskan enzim pencernaan lebih efektif sehingga membuat makan tidak berlebihan.

“Yang pertama tiga puluh menit sebelum makan coba minum air setengah gelas sampai satu gelas,” kata dr Kevin Mak, dikutip dalam akun TikTok miliknya @drkevinmak, Sabtu (20/1/2024).

Cara kedua, kata dr Kevin, yaitu mengunyah makanan lebih lama. Alasannya, dengan mengunyah lebih lama, maka akan memecah makanan menjadi lebih halus dan membuat enzim pada usus akan mencerna lebih efektif yang membuatnya tidak kembung atau pun tidak begah setelah makan.



Jika cara kedua tidak cukup efektif, Anda bisa menggunakan cara perbanyak konsumsi protein, seperti telur, daging ayam dan daging ikan. Semua makanan tersebut bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

“Dan jangan lupa perbanyak konsumsi protein di dalam pola makan Anda seperti telur, daging ayam, dan daging ikan karena protein mencetuskan pelepasan hormon kenyang paling efektif dari otak. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil yang gak jelas nih,” ucapnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)