Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Pucat

Sabtu, 20 Januari 2024 - 17:03 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Pucat
Kulit pucat merupakan kondisi, di mana kulit kehilangan cahaya alaminya dan menjadi pucat. Foto/ stylecraze
A A A
JAKARTA – Kulit pucat merupakan kondisi, di mana kulit kehilangan cahaya alaminya dan menjadi pucat. Biasanya karena muncul beberapa masalah kesehatan atau adanya faktor eksternal.

Dilansir laman stylecraze pada Sabtu (20/1/2024), gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi pemicu terjadinya kulit pucat pada seseorang, seperti kekurangan nutrisi, anemia, merokok, stres, kurang tidur, paparan sinar matahari, dan kurangnya menjaga kulit.



Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi seperti ini dapat dikontrol dan dicegah. Karena sebenarnya kulit pucat hanya mengacu kepada permasalahan akibat hilangnya cahaya alami pada wajah sehingga menghasilkan warna lebih pucat atau kekuningan.

Hal ini lantaran seiring dengan berjalannya waktu, kondisi kulit juga ikut mengalami tanda-tanda penuaan, seperti timbulnya garis halus, kerutan, atau mungkin hilangnya elastisitas. Namun, untuk kulit kusam bukan termasuk masalah kulit pucat. Berikut cara mengatasinya.

1. Cuci wajah dengan benar

Kebiasaan mencuci wajah seringkali dianggap remeh oleh sebagian masyarakat, padahal langkah seperti ini merupakan upaya yang menguntungkan untuk kulit Anda.

2. Exfoliasi kulit

Mulailah rutin membuat jadwal exfoliasi kulit Anda. Cara itu akan membantu wajah terlihat lebih cerah dan segar akibat adanya pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit.

3. Gunakan toner

Setelah selesai membersihkan wajah dan kulit terasa menjadi lebih bersih, menggunakan kapas dan toner menjadi salah satu upaya untuk mengencangkan kulit serta menghilangkan sisa kotoran setelah dibersihkan. Akan tetapi, penggunaan toner ini harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis kulit Anda.

4. Gunakan pelembab

Setelah kulit terasa kencang, menggunakan pelembab adalah cara penting untuk mengunci kondisi kulit Anda tetap terhidrasi.

5. Gunakan sunscreen

Pada langkah ini, gunakan setiap kali Anda ingin beraktivitas terutama di luar ruangan. Karena sinar UV dapat merusak kulit Anda dan mempercepat proses penuaan, maka mengoleskan sunscreen setidaknya dengan SPF 30 akan membantunya mencegah dari tanda-tanda penuaan tersebut.

6. Vitamin C

Penggunaan serum vitamin C juga tidak kalah penting dilakukan. Karena memiliki konsentrat yang dapat melindungi permukaan kulit yang rusak, maka serum ini dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan, kerusakan akibat radikal bebas, bintik hitam, dan pigmentasi.


7. Retinol

Penggunaan retinol nampaknya sudah tidak usah diragukan lagi, karena kandungannya yang bagus untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Namun, pada penggunaan retinol nampaknya tidak bisa dilakukan sembarang, Anda harus terlebih dahulu mengenali kondisi kulit Anda atau mungkin konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

8. Pilih riasan dengan bijak

Jika Anda penggila makeup, maka berhati-hati lah dalam memilih penggunaan produk. Pastikan produk yang Anda gunakan adalah bebas minyak dan non comedogenic sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit dan justru membuatnya lebih kusam.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)