10 Makanan yang Bisa Merusak Hati, Sama Bahayanya Seperti Alkohol

Minggu, 21 Januari 2024 - 23:55 WIB
loading...
10 Makanan yang Bisa Merusak Hati, Sama Bahayanya Seperti Alkohol
Sederet makanan bisa merusak hati dan disebut sama bahayanya seperti alkohol. Para ahli menganjurkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan demi kesehatan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Sederet makanan bisa merusak hati dan disebut sama bahayanya seperti alkohol. Meski terasa nikmat, namun para ahli menganjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan demi kesehatan.

Namun, makanan yang bisa merusak hati ini tidak berdampak secara langsung. Namun, pola makan yang tidak sehat dan konsumsi berlebihan beberapa zat tertentu dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

Penting untuk menjaga pola makan seimbang, mengonsumsi makanan segar dan alami, serta menghindari konsumsi berlebihan beberapa zat tertentu untuk menjaga kesehatan hati. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan hati yang sudah terganggu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan.

Makanan yang Bisa Merusak Hati



Berikut makanan yang bisa merusak hati dilansir dari Times of India, Minggu (21/1/2024).



1. Alkohol


Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati, termasuk peradangan dan sirosis. Batasan konsumsi alkohol sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

2. Makanan Tinggi Lemak dan Kolesterol


Makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti makanan cepat saji, gorengan berlebihan, dan makanan olahan tinggi lemak, dapat meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD).

3. Gula dan Karbohidrat Refined


Konsumsi gula tambahan dan karbohidrat refined seperti tepung putih dapat berkontribusi pada obesitas dan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan NAFLD.

4. Makanan Tinggi Garam


Makanan yang tinggi garam dapat menyebabkan retensi air dan meningkatkan tekanan darah, yang dapat memengaruhi kesehatan hati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)