Pentingnya Kecukupan Cairan untuk Kesehatan Anak Keseluruhan

Minggu, 28 Januari 2024 - 01:30 WIB
loading...
Pentingnya Kecukupan Cairan untuk Kesehatan Anak Keseluruhan
Air memainkan peran dalam semua fungsi tubuh, dari kekuatan otot, stabilitas tulang. Itulah mengapa penting menjaga hidrasi demi kesehatan secara keseluruhan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Air memainkan peran dalam semua fungsi tubuh, dari kekuatan otot, stabilitas tulang hingga umur panjang organ. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga hidrasi demi kesehatan secara keseluruhan.

Kecukupan air minum sendiri penting untuk menghindari dehidrasi dan itu tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Dokter spesialis anak, dr. Tiwi, Sp.A, MARS mengatakan kebutuhan air bagi bayi di bawah 6 bulan tidak terlalu diperlukan selama masih mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu) karena ASI mengandung 85 persen air.

“Setelah 6 bulan sampai 12 bulan, air mulai ada perannya. Air mulai dikenalkan tapi bukan yang utama, tetap jika bayinya masih 6 bulan sampai 12 bulan range cairan yang dibutuhkan hanya 60ml dalam satu hari,” kata dr Tiwi dalam Press Conference Cleo BA Announcement di Plaza Indonesia, Jakarta pada Sabtu, 27 Januari 2024.



Untuk anak di atas usia 12 bulan kebutuhan air lebih meningkat, tapi tetap tidak terlalu banyak yaitu hanya 200-400 ml per hari. Di atas 2 hingga 4 tahun lebih meningkat lagi dan air memegang peranan karena menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Selain itu, bayi dibawah 12 bulan saat dia makan jangan terlalu diberi banyak minum karena jika dia akan susah makan nantinya,” jelas dr Tiwi.

Tubuh manusia, disebut dr Tiwi mengandung banyak cairan. Jika kekurangan yang terjadi khususnya bagi anak-anak adalah biasanya suhu tubuh akan naik.

“Seringkali kita lihat bayi atau anak baru bangun tidur seperti agak hangat badannya karena sepanjang malam tidur dan cairannya terbatas. Setelah beraktivitas tentu saja harus disesuaikan, misalnya anak 5 tahun beratnya 20 kg mainnya sepak bola mungkin kebutuhan cairannya lebih naik lagi,” papar dr Tiwi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)