Cegah Infeksi dan Diare pada Anak dengan Langkah Sederhana Ini

Kamis, 25 Januari 2024 - 17:04 WIB
loading...
Cegah Infeksi dan Diare pada Anak dengan Langkah Sederhana Ini
Menjaga keamanan dalam penyimpanan dan persiapan MPASI adalah langkah penting untuk cegah penyakit.
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Gizi Nasional, World Health Organization (WHO) dan Pemerintah Indonesia menegaskan pentingnya memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Namun, salah satu aspek yang kerapkali dilupakan, namun krusial, adalah keamanan dalam penyimpanan dan persiapan MPASI.

Menurut Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes, Lovely Daisy, MKM, persyaratan pemberian MPASI tidak hanya mencakup waktu yang tepat dan kebutuhan gizi, tetapi juga aspek keamanan.

“MPASI diberikan dengan cara yang benar (Aman), ini artinya diberikan secara terjadwal dan juga mengikuti respons lapar dan kenyang dari anak-anak," ujar Lovely Daisy.

Hal ini menjadi langkah krusial dalam mencegah infeksi dan diare pada anak-anak, yang dapat terjadi jika kebersihan tidak dijaga dengan baik.

Dalam mendukung upaya menjaga kebersihan, Christine Tjipto, Community Manager Yunikon dari PT Anugerah Sejati Laras, menyoroti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama dalam konteks persiapan MPASI.

“Pasca pandemi Covid-19, perilaku hidup bersih dan sehat sering dilupakan. Namun, inilah titik awal terjadinya kontaminasi pada tangan dan alat-alat makan dalam mempersiapkan MPASI untuk anak," ungkap Christine.

Sebagai solusi praktis mengatasi masalah ini, Christine merekomendasikan penggunaan produk antibakteri, seperti tissue basah dan hand sanitizer, untuk memastikan kebersihan tetap terjaga.

Yunikon, sebagai produsen produk tersebut, tidak hanya menekankan pada keamanan, tetapi juga memberikan kemudahan dengan desain kemasan yang menarik. Beragam jenis produk Yunikon telah terbukti menggunakan bahan berstandar food grade, aman untuk digunakan bahkan untuk bayi.

"Saat mempersiapkan bahan dan alat makan MPASI, kebersihan sering dilupakan. Oleh karena itu, produk antibakteri seperti tissue basah dan hand sanitizer menjadi pilihan untuk memastikan tetap higienis namun praktis," jelas Christine.

Yunikon, melalui misinya, berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan sehari-hari. Rangkaian produk Yunikon, dengan kualitas dan harga terjangkau, hadir sebagai solusi untuk mendukung upaya pencegahan kejadian diare pada anak-anak.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, Yunikon memberikan program hadiah langsung berupa uang tunai yang terdapat di dalam kemasan, sebagai motivasi tambahan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Merayakan Hari Gizi Nasional, Yuk! bersama-sama kita dukung pencegahan kejadian diare pada anak-anak dengan memastikan seluruh bahan makanan dan peralatannya bebas bakteri dan aman bersama Yunikon,” tutup Christine, mengajak semua pihak untuk turut berperan dalam menjaga kesehatan generasi masa depan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)