4 Penyebab Kencing Batu, Perhatikan Gejalanya

Senin, 29 Januari 2024 - 16:46 WIB
loading...
4 Penyebab Kencing Batu,...
Penyebab kencing batu ada banyak dan Anda bisa mengenali gejalanya agar bisa segera dicegah sedini mungkin. Foto/ hopkinsmedicine
A A A
JAKARTA – Penyebab kencing batu ada banyak dan Anda bisa mengenali gejalanya agar bisa segera dicegah sedini mungkin.

Batu ginjal juga disebut nefrolitiasis atau urolitiasis, yakni endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal.

Penyebabnya bisa karena pola makan, berat badan berlebih, beberapa kondisi medis, serta suplemen dan obat-obatan tertentu.

Batu ginjal dapat mempengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih Anda – mulai dari ginjal hingga kandung kemih. Seringkali, batu terbentuk ketika urin menjadi pekat, sehingga memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Mengeluarkan batu ginjal bisa sangat menyakitkan, namun batu tersebut biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika dikenali tepat waktu. Tergantung pada situasi Anda, Anda mungkin hanya memerlukan obat pereda nyeri dan minum banyak air untuk mengeluarkan batu ginjal.

Dalam kasus lain – misalnya, jika batu tersangkut di saluran kemih, berhubungan dengan infeksi saluran kemih, atau menyebabkan komplikasi – pembedahan mungkin diperlukan.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan pengobatan pencegahan untuk mengurangi risiko berulangnya batu ginjal jika Anda berisiko tinggi terkena batu ginjal lagi.

Gejala Baru Ginjal

Batu ginjal biasanya tidak akan menimbulkan gejala sampai batu tersebut berpindah ke dalam ginjal atau masuk ke salah satu ureter. Ureter adalah saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih.

Jika batu ginjal tersangkut di ureter, hal ini dapat menghambat aliran urin dan menyebabkan ginjal membengkak dan ureter menjadi kejang, yang bisa sangat menyakitkan. Pada saat itu, Anda mungkin mengalami gejala berikut:

Nyeri yang parah dan tajam di bagian samping dan punggung, di bawah tulang rusuk
Nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan
Nyeri yang datang secara bergelombang dan intensitasnya berfluktuasi
Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil

Tanda dan gejala lain batu ginjal:
Urin berwarna merah muda, merah atau coklat
Urin keruh atau berbau busuk
Kebutuhan untuk buang air kecil yang terus-menerus, buang air kecil lebih sering dari biasanya, atau buang air kecil dalam jumlah sedikit
Mual dan muntah
Demam dan menggigil jika ada infeksi

Rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal dapat berubah - misalnya, berpindah ke lokasi lain atau meningkat intensitasnya - seiring dengan pergerakan batu melalui saluran kemih Anda.

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami:

Rasa sakitnya sangat parah sehingga Anda tidak bisa duduk diam atau menemukan posisi yang nyaman
Nyeri disertai mual dan muntah
Nyeri disertai demam dan menggigil
Darah dalam urin Anda
Kesulitan buang air kecil

Penyebab batu ginjal

Batu ginjal sering kali tidak memiliki penyebab pasti dan tunggal, meskipun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikonya.

Batu ginjal terbentuk ketika urin Anda mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal – seperti kalsium, oksalat, dan asam urat – dibandingkan dengan cairan dalam urin Anda yang dapat diencerkan. Pada saat yang sama, urin Anda mungkin kekurangan zat yang mencegah kristal saling menempel, sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk terbentuknya batu ginjal.

1. Riwayat keluarga atau pribadi

Jika ada anggota keluarga Anda yang menderita batu ginjal, kemungkinan besar Anda juga akan terkena batu ginjal. Jika Anda pernah menderita satu atau lebih batu ginjal, Anda berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal lainnya.

2. Dehidrasi

Kurang minum air setiap hari dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Orang yang tinggal di daerah beriklim hangat, kering, dan banyak berkeringat mungkin mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan orang lain.

3. Kegemukan/ obesitas

Indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar, dan penambahan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.


4. Penyakit pencernaan dan pembedahan

Operasi bypass lambung, penyakit radang usus, atau diare kronis dapat menyebabkan perubahan dalam proses pencernaan yang memengaruhi penyerapan kalsium dan air, sehingga meningkatkan jumlah zat pembentuk batu dalam urin Anda.

Kondisi medis lain seperti asidosis tubulus ginjal, sistinuria, hiperparatiroidisme, dan infeksi saluran kemih berulang juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Suplemen dan obat-obatan tertentu, seperti vitamin C, suplemen makanan, obat pencahar (bila digunakan berlebihan), antasida berbasis kalsium, dan obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati migrain atau depresi, dapat meningkatkan risiko batu ginjal.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0855 seconds (0.1#10.140)