3 Gaya Yoga untuk Meredakan Kram Menstruasi, Caranya Mudah Kok!

Jum'at, 02 Februari 2024 - 09:31 WIB
loading...
3 Gaya Yoga untuk Meredakan Kram Menstruasi, Caranya Mudah Kok!
Yoga bisa mengurangi nyeri menstruasi yang tak tertahankan. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Kram menstruasi tidak menyenangkan. Perubahan suasana hati, ketidakseimbangan hormon, dan rasa sakit di tubuh menjadi tak tertahankan. Namun, pose yoga yang menenangkan bisa meredakan nyeri saat menstruasi.

Mengutip Pinkvilla, kram menstruasi terjadi karena adanya kontraksi alami rahim saat lapisannya terlepas. Hal ini menyebabkan rasa sakit atau kram yang berbeda-beda pada setiap orang.



Ketika hal tersebut terjadi, cobalah untuk melakukan yoga . Dengan membina hubungan intim dengan napas dan tubuh kita melalui yoga yang dapat meredakan kram dan menenangkan pikiran.

Dari banyaknya gerakan yoga, berikut ini tiga pose yoga untuk membantu mengatasi kram dan membuat hidup Anda lebih mudah.

Gerakan Yoga

1. Baddha konasana atau pose tukang sepatu

Baddha Konasana adalah salah satu pose yoga terbaik untuk kram, menawarkan pembukaan lembut pada daerah panggul. Ini juga dapat membantu meringankan sensasi berat yang sering dirasakan saat menstruasi .

Pose ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi di daerah panggul dan meredakan kram
Langkah-langkah baddha konasana atau pose tukang sepatu:
1. Duduklah dengan kaki terentang dan tulang punggung lurus.
2. Lipat salah satu kaki dan tarik tumit ke arah panggul.
3. Sekarang, turunkan lutut dan rapatkan kedua telapak kaki.
4. Pegang kaki atau pergelangan kaki Anda, tarik napas, dan saat menghembuskan napas, gerakkan pinggul ke depan. Tetap di sini selama beberapa napas sebelum kembali tegak.

2. Supta baddha konasana atau sudut terikat berbaring

Pembuka pinggul pasif, Supta Baddha Konasana menenangkan pikiran dan tubuh, menjadikannya posisi yang sempurna untuk membantu mengatasi kram menstruasi. Posisi bersandar dan gravitasi membantu membuka pinggul dan menenangkan otot perut tanpa tenaga, meningkatkan relaksasi dan menghilangkan rasa sakit.

Langkah:
1. Berbaring telentang dan tekuk lutut, rapatkan kedua telapak kaki.
2. Biarkan lutut Anda terbuka ke setiap sisi. Istirahatkan lengan Anda dalam posisi yang nyaman.
3. Tetap dalam pose ini selama 1-2 menit, biarkan gravitasi memperdalam peregangan dengan lembut.

3. Utkata konasana atau pose dewi

Utkata konasana atau pose dewi termasuk salah satu peregangan efektif untuk kram. Ini mendorong peregangan yang dalam pada pinggul dan selangkangan, membantu melepaskan ketegangan yang sering menyertai kram menstruasi. Gerakan ini adalah posisi terbaik untuk membuka daerah panggul, menghilangkan stres, dan mengurangi ketidaknyamanan saat menstruasi.



Langkah-langkah gerakan yoga utkata konasana atau pose dewi
1. Mulailah berdiri dengan jarak kaki sekitar 3 kaki, tumit menghadap ke luar.
2. Tekuk lutut di atas jari-jari kaki dan jongkok, turunkan pinggul. Angkat lengan setinggi bahu dan arahkan kedua telapak tangan ke arah satu sama lain.
3. Pertahankan posisi ini, jaga punggung tetap lurus dan dada terangkat selama 3-6 napas sebelum meluruskan kaki dan menurunkan lengan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3841 seconds (0.1#10.140)