6 Buah dengan Kandungan Vitamin D Tertinggi, Jeruk hingga Pisang

Minggu, 04 Februari 2024 - 06:36 WIB
loading...
6 Buah dengan Kandungan Vitamin D Tertinggi, Jeruk hingga Pisang
Terdapat enam buah yang memiliki kandungan vitamin D tertinggi. Mengonsumsi buah ini dapat membantu penyerapan vitamin D, selain dengan bantuan sinar matahari. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat enam buah yang memiliki kandungan vitamin D tertinggi. Mengonsumsi buah ini dapat membantu penyerapan vitamin D, selain dengan bantuan sinar matahari.

Sebenarnya buah bukanlah makanan sumber vitamin D yang utama. Namun, beberapa buah yang kaya akan magnesium ini akan membantu seseorang memenuhi kebutuhan vitamin D.

Menurut laman Alodokter Kemenkes, magnesium merupakan mineral yang berperan dalam mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh. Tanpa magnesium, vitamin D yang diproduksi oleh tubuh berkat bantuan sinar UV matahari tidak bisa digunakan.



Karena itulah mengonsumsi beberapa buah yang mengandung magnesium akan membantu penyerapan vitamin D di dalam tubuh.

Buah dengan Kandungan Vitamin D Tertinggi

1. Jeruk

Jeruk, terutama jenis jeruk yang lebih gelap seperti jeruk mandarin, mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Selain itu, jeruk juga merupakan sumber serat dan antioksidan lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang mengandung vitamin D, selain juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan serat. Konsumsi pepaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

3. Alpukat

Alpukat bukan hanya sumber lemak sehat, tetapi juga mengandung vitamin D. Alpukat dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.


4. Jambu Biji

Dalam 100 gram buah jambu biji terkandung 22 mg magnesium. Selain kandungan magnesium yang akan mengaktifkan vitamin D, jambu biji juga kaya akan vitamin C untuk sistem imunitas tubuh.

5. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin D dan vitamin C yang tinggi. Kandungan serat dalam kiwi juga baik untuk pencernaan. Konsumsi kiwi secara teratur dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan secara keseluruhan.

6. Pisang

Pisang mengandung vitamin D, potassium, dan vitamin B6. Buah ini tidak hanya memberikan energi cepat, tetapi juga dapat mendukung kesehatan tulang dan sistem saraf.

Itulah beberapa buah yang punya kandungan vitamin D tertinggi. Meskipun buah-buahan tersebut mengandung vitamin D, perlu diingat bahwa kandungan vitamin D dalam buah mungkin tidak sebanyak dalam makanan lain seperti ikan dan produk susu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)