Ini Makna Filosofis Jaket Varsity yang Dipakai Ganjar-Mahfud di Debat Capres

Minggu, 04 Februari 2024 - 20:50 WIB
loading...
Ini Makna Filosofis Jaket Varsity yang Dipakai Ganjar-Mahfud di Debat Capres
Di momen debat kelima, Ganjar-Mahfud kompak mengenakan jaket varsity berwarna kombinasi hitam dan putih yang bertuliskan 21 program unggulan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kembali tampil berbeda dalam Debat Pilpres 2024.

Di momen debat kelima ini, Ganjar-Mahfud kompak mengenakan jaket varsity (universitas) berwarna kombinasi hitam dan putih yang bertuliskan 21 program unggulan Ganjar-Mahfud.

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Karaniya Dharmasaputra menjelaskan makna dan filosofi di balik outfit Ganjar-Mahfud di debat kali ini.

Karaniya menyebut, jaket ala universitas adalah wujud apresiasi Ganjar-Mahfud pada gelombang pernyataan sikap yang diungkapkan para rektor, guru besar, dan dosen dari berbagai perguruan tinggi ternama yang mendukung upaya bersama menjaga demokrasi serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.



Selain sebagai wujud apresiasi, sama seperti busana-busana debat sebelumnya, outfit kali ini juga erat kaitannya dengan tema debat.

“Mengenakan jaket varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih Mas Ganjar pada tema debat pamungkas ini,” ujar Karaniya.

"Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita,” lanjutnya.

Selain itu, Karaniya juga mengatakan, jaket varsity merupakan simbol prestasi, kehormatan, dan semangat tim. Dengan memakainya, Ganjar-Mahfud ingin menginspirasi masyarakat arti penting kerja keras, dedikasi, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Jaket yang dikenakan paslon nomor urut 3 itu dibuat oleh jenama asal Kota Bandung, Raw Type Riot.



“Ini merupakan sebuah pilihan yang tak hanya soal gaya, juga komitmen pada karya anak bangsa. Karena Raw Type Riot ini ide kreasinya muncul dari mahasiswa di asrama kampus,” jelas Karaniya.

Lebih lanjut Karaniya mengatakan, pemilihan jaket varsity Raw Type Riot menjadi bagian integral dari visi Ganjar-Mahfud untuk memajukan ekonomi kreatif serta memberikan peluang bagi para pelaku usaha di dalam negeri.

Sejumlah program unggulan Ganjar-Mahfud juga tertera pada jaket itu dalam bentuk patch. Jika pada debat-debat sebelumnya patch menampilkan program bertema pertahanan dan lingkungan, maka pada debat kali ini, program yang ditampilkan adalah 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana, 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes, Bansos Pasti, Internet Gratis, dan lain sebagainya yang terkait tema debat.

Tema debat kelima Pilpres 2024 adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)