7 Buah Kering Kaya Vitamin D yang Baik untuk Tulang, Salah Satunya Kurma

Selasa, 06 Februari 2024 - 09:22 WIB
loading...
7 Buah Kering Kaya Vitamin D yang Baik untuk Tulang, Salah Satunya Kurma
Buah-buahan ini kaya akan vitamin D yang dapat melindungi diri dari osteoporosis. Salah satunya kurma. Foto/ wp.
A A A
JAKARTA - Vitamin D atau vitamin sinar matahari dapat melindungi kita dari osteoporosis ketika bertambah tua. Vitamin D juga membantu mencegah penyakit tulang pada anak-anak.

Paparan sinar matahari secara teratur adalah solusinya, selain mengonsumsi makanan yang tepat, seperti salmon, tuna, produk susu dan susu nabati yang diperkaya dengan vitamin D .



Anda juga bisa menambahkan buah-buahan kering ke dalam daftar tersebut karena ternyata beberapa buah kering kaya akan vitamin D .

Apa itu vitamin D?

Dikutip healthshots, vitamin D yang larut dalam lemak, sangat penting untuk fungsi fisiologis vital, seperti menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui, serta anak-anak mulai usia satu tahun, membutuhkan 10 mikrogram vitamin D dalam sehari, sesuai dengan Layanan Kesehatan Nasional.

Manfaat vitamin D

1. Kesehatan tulang

Vitamin D memfasilitasi penyerapan kalsium, kata ahli gizi Preeti Nagar. Ini membantu mendapatkan tulang yang kuat dan sehat.

2. Dukungan sistem kekebalan tubuh

Vitamin ini berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mempertahankan tubuh terhadap segala jenis infeksi.

3. Pengaturan suasana hati

Ada hubungan antara vitamin D dan pengaturan suasana hati. Ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental, kata sang ahli.

4. Pencegahan penyakit kronis

Mempertahankan kadar vitamin D yang cukup adalah penting. Hal ini dapat menurunkan risiko kondisi kronis tertentu, termasuk penyakit kardiovaskular.

5. Fungsi otot

Hal ini penting untuk fungsi otot yang tepat. Ini dapat membantu mencegah jatuh, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Buah kering kaya vitamin D

Buah-buahan kering menunjukkan variabilitas dalam kandungan nutrisi, tetapi biasanya mengandung vitamin penting (A, C, K) dan mineral (zat besi, kalium), kata sang ahli. Elemen-elemen ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mendukung fungsi-fungsi seperti penglihatan, respon imun, pembekuan darah, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Buah-buahan kering juga kaya akan vitamin D, jadi Anda harus mengonsumsinya sebagai bagian dari diet seimbang Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Aprikot kering

Aprikot kering menawarkan 1,5 Unit Internasional (IU) vitamin D per 100 gram. Aprikot kering juga menyediakan vitamin dan mineral penting seperti A, zat besi dan potasium.

2. Buah ara kering

Dengan sekitar 3 IU vitamin D per 100 gram, buah ara kering juga terkenal dengan kandungan serat, kalsium, potasium, dan magnesiumnya.

3. Kacang almond

Berpikir untuk makan kacang almond yang direndam setiap pagi? Ini adalah pilihan yang baik, karena kacang almond menawarkan 9 persen nilai harian (DV) vitamin D. Kacang almond juga mengandung serat, protein, kalsium, vitamin E, tembaga, dan magnesium.

4. Kismis

Anda bisa mendapatkan sekitar 82,00 IU vitamin D per 100 gram, menurut ahli. Buah kering yang manis ini juga mengandung serat dan mineral penting seperti zat besi.

5. Plum

Buah plum mengandung sekitar 3,7 mg vitamin D. Buah plum juga mengandung vitamin lain seperti A, C, dan K.

6. Kurma

Kurma adalah sumber vitamin sinar matahari yang baik. Mereka memiliki sekitar 2,2 mg vitamin D bersama dengan serat, protein, potasium dan magnesium.

7. Cranberry

Cranberry adalah sumber vitamin C yang sangat baik, menjadikannya bahan utama dalam produk perawatan kulit. Tapi ia juga mengandung vitamin D (sekitar 0,7 mg), jadi konsumsilah untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda.


Efek samping terlalu banyak makan buah kering

Dianjurkan untuk mengonsumsi 4 hingga 5 jenis buah kering dalam jumlah sedang untuk gaya hidup kaya nutrisi dan vitamin, kata Nagar. Meskipun jarang terjadi, asupan vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti hiperkalsemia, yang ditandai dengan peningkatan kadar kalsium darah, yang menyebabkan gejala seperti mual, lemas, dan potensi masalah ginjal.

Mendapatkan sebagian besar vitamin D dari sumber alami sangatlah penting, dan suplemen hanya boleh dikonsumsi di bawah bimbingan medis.

Jangan hanya mengandalkan buah-buahan kering untuk mendapatkan vitamin D. Jalani pola makan seimbang dan pilih sumber seperti ikan berlemak dan makanan yang diperkaya untuk asupan optimal!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)