8 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih di Musim Hujan

Kamis, 08 Februari 2024 - 15:06 WIB
loading...
8 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih di Musim Hujan
Musim hujan dapat meningkatkan risiko tertular infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Foto/
A A A
JAKARTA - Musim hujan dapat meningkatkan risiko tertular infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Namun, jika memperhatikan dan melakukan beberapa perubahan sederhana, penyakit itu bisa dihindari.

Apa itu infeksi saluran kemih?

Seperti namanya, infeksi saluran kemih terjadi ketika infeksi terjadi di bagian mana pun dari sistem saluran kemih. Semua bagian yang membentuk sistem kemih termasuk ginjal, uretra, kandung kemih, dan rahim. Kebanyakan infeksi terjadi di saluran kemih bagian bawah – kandung kemih dan uretra.



Dilansir Health Shots, wanita lebih rentan terkena ISK dibandingkan pria. Jika infeksi berkembang di kandung kemih, hal ini bisa sangat menyakitkan dan menjengkelkan. Dalam kasus yang parah, ISK dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih

1. Tetap terhidrasi

“Dalam cuaca dingin, godaan untuk mengurangi asupan air adalah hal biasa. Namun, menjaga hidrasi yang tepat sangat penting untuk mengeluarkan bakteri dari sistem saluran kemih Anda. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari, dan pertimbangkan teh herbal hangat agar tetap nyaman,” kata Dr Prakash Chandra Shetty, Ahli Urologi di Mumbai.

2. Hindari menahan buang air kecil

Saat Anda merasa ingin buang air kecil, segera lakukan. Menahan kencing memungkinkan bakteri berkembang biak di kandung kemih, sehingga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Biasakan untuk mendengarkan tubuh Anda dan pergi ke kamar mandi bila diperlukan.

3. Pilih pakaian dalam yang nyaman

Pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga area genital tetap kering dan sehat. Lingkungan lembab menciptakan tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri, jadi memilih kain yang dapat menyerap keringat membantu mencegah infeksi.

4. Menjaga kebersihan diri

“Kebersihan pribadi sangat penting, terutama saat musim dingin. Mandi secara teratur membantu menjaga tubuh Anda tetap bersih, dan menyeka dengan benar setelah menggunakan toilet mencegah penyebaran bakteri,” kata sang ahli.

5. Berpakaian hangat

“Daerah panggul sangat rentan terhadap suhu dingin. Berlapis dan mengenakan pakaian hangat tidak hanya membuat Anda nyaman tetapi juga membantu menjaga kestabilan suhu tubuh,” tutur Dr Prakash Chandra Shetty.

Hal ini, pada gilirannya, mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu Anda menangkal potensi infeksi.

6. Perhatikan kadar vitamin D

Musim hujan berarti menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, sehingga mengurangi paparan sinar matahari. Hal ini pada gilirannya menyebabkan kekurangan vitamin D. Vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh kita dan mengurangi risiko infeksi.

“Pertimbangkan untuk memasukkan makanan yang kaya vitamin D seperti ikan berlemak, produk susu yang diperkaya, atau suplemen Vitamin D, seperti yang direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Kadar vitamin D yang cukup berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan, termasuk kesehatan saluran kemih,” kata Dr Prakash.

7. Lapisan pakaian hangat

Berlapis saat cuaca dingin tidak hanya membuat Anda tetap hangat tetapi juga membantu tubuh Anda mempertahankan suhu stabil. Paparan dingin secara tiba-tiba dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Dengan berpakaian hangat, Anda memberikan dukungan tambahan pada pertahanan alami tubuh Anda.


8. Konsumsi makanan yang seimbang

Pola makan yang seimbang menjaga kesehatan dan kekebalan Anda secara keseluruhan. “Sertakan berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam makanan Anda. Makanan kaya nutrisi ini memberikan vitamin yang cukup n dan mineral yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan Anda dalam melawan infeksi,” ujar Dr Prakash.

Saat musim dingin tiba, tips berikut dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih Anda tetap kuat. Minumlah air putih yang cukup, kenakan pakaian hangat, jaga kebersihan, dan pilih makanan dengan bijak. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati musim tanpa membahayakan kesehatan Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)