5 Teh Terbaik untuk Menghilangkan Stres

Jum'at, 09 Februari 2024 - 06:59 WIB
loading...
5 Teh Terbaik untuk Menghilangkan Stres
Minum teh dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi tingkat kecemasan dan stres, juga mengurangi risiko penyakit jantung.
A A A
JAKARTA - Minum teh dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi tingkat kecemasan dan stres, melindungi sel dari kerusakan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengatur berat badan.

Ada teh yang paling baik untuk mengatasi berbagai penyakit, terutama stres dan ini akan membuat Anda lebih tenang. Dikutip healthshots, berikut ulasannya.


Manfaat Teh

1. Teh Hijau

Ini adalah jenis teh terkenal yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Teh hijau memiliki konsentrasi katekin yang tinggi, asam amino yang dikenal sebagai l-theanine, dan antioksidan alami. Sesuai studi yang dilakukan oleh Journal of Functional Foods, profil nutrisi teh hijau membantu memperlambat penyerapan kafein, dan menimbulkan efek menenangkan. Studi ini juga menyoroti bahwa teh hijau membantu menurunkan tingkat kecemasan, dan menghambat 'aktivitas a-amilase', penanda stres.

Teh hijau dapat dibuat dengan menambahkan daun teh ke dalam air panas, dan membiarkannya diseduh selama 5-10 menit. Setelah itu, Anda bisa menyaring tehnya, dan menikmati minuman yang menenangkan ini.

2. Teh Hitam

Teh hitam adalah varian teh yang sangat teroksidasi. Oksidasi adalah reaksi kimia yang melibatkan paparan daun teh ke udara, menyebabkan warnanya menjadi coklat dan menghitam. Teh ini memiliki sifat antioksidan, dan sebuah penelitian oleh University College London menunjukkan bahwa minum teh hitam membantu mengurangi tingkat stres, dengan mengembalikan kadar hormon stres menjadi normal.

Tambahkan daun teh ke dalam air mendidih, dan biarkan mendidih selama 5 menit. Anda kemudian dapat menyaring tehnya, dan menambahkan lemon atau gula sesuai selera.

3. Teh lavendel

Teh lavender adalah pilihan yang bagus untuk menenangkan suasana hati, karena ekstrak lavender bermanfaat untuk pengobatan gangguan kecemasan dan depresi, menurut sebuah studi oleh Natural Medicine Journal. Studi tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak lavender memiliki sifat antikonvulsan, antidepresi, ansiolitik, obat penenang, dan menenangkan.

Tempatkan kuncup lavendel ke dalam sachet atau bola teh, dan gunakan air panas untuk merendam teh. Anda dapat menikmati minuman yang menenangkan ini setelah 10 menit diseduh.

4. Teh pepermin

Teh pepermin memiliki efek anti-kecemasan yang kuat dan dapat membantu Anda menghilangkan stres. Penelitian Journal of Medicinal Plants mengungkapkan bahwa aroma teh peppermint dapat membantu menginduksi relaksasi. Studi tersebut juga menyoroti bahwa teh peppermint dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan stres kronis. Teh ini memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit, dan menurunkan kadar kortisol, sehingga dapat meningkatkan mood Anda.

Rendam daun tanaman peppermint dalam air panas selama 5-10 menit untuk menyiapkan teh ini.


4. Teh kamomil

Teh kamomil berasal dari bunga tanaman kamomil, dan merupakan teman tidur yang sempurna karena membantu mendorong relaksasi. Sebuah studi oleh International Journal of Phytomedicine menemukan bahwa teh kamomil membantu mengurangi gejala kecemasan. Efek menenangkan dan mengurangi stres ini disebabkan oleh adanya ‘apigenin’, antioksidan yang secara langsung menargetkan neurotransmiter, dan membantu pikiran untuk rileks.

Dalam air panas, tambahkan bunga kamomil, dan biarkan meresap selama 2 hingga 3 menit. Saring tehnya, lalu nikmatilah!

Para wanita, manjakan diri Anda dengan jenis teh yang menenangkan ini, dan jangan segan-segan menambahkan madu atau gula sebagai perasa!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)