Mengenal Teh Kuning, Ramuan Ajaib yang Bikin Anda Tetap Sehat

Jum'at, 09 Februari 2024 - 16:27 WIB
loading...
Mengenal Teh Kuning, Ramuan Ajaib yang Bikin Anda Tetap Sehat
Apakah Anda seorang penikmat teh? Anda pun perlu memasukkan teh kuning yang menawarkan banyak manfaat. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Apakah Anda seorang penikmat teh ? Maka Anda perlu memasukkan teh kuning ajaib yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Mungkin banyak yang belum pernah mendengar tentang teh kuning . Ini adalah salah satu teh terbaik yang berasal dari China dan menawarkan rasa yang unik.



Teh kuning memiliki tekstur halus, aroma menyenangkan dan sisa rasa buah. Teh kuning mirip dengan teh hijau, tetapi tidak terlalu keras di perut.

Ini adalah salah satu dari enam kategori utama teh yang menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. Ini memiliki metode pengolahan yang rumit dan sangat dinikmati oleh para pecinta teh.

Mengenal teh kuning

Teh kuning diberi nama berdasarkan warna kuningnya yang unik. Nama ini tidak diambil dari warna daun teh kering atau infusnya sendiri, tetapi secara khusus dari warna campuran yang diseduh. Selama tahap akhir pemrosesan, setelah daun difiksasi dan digulung, teh mengalami oksidasi terkontrol dan penyesuaian kelembapan.

Oksidasi terkontrol inilah yang membedakan teh kuning dengan teh hijau, yang tidak teroksidasi pada tingkat yang sama. Saat teh mengalami proses oksidasi ini, warna minuman berubah menjadi kekuningan. Tingkat oksidasi teh kuning lebih tinggi dibandingkan teh hijau tetapi lebih rendah dibandingkan teh oolong atau teh hitam.

Manfaat teh kuning

1. Kaya antioksidan

Teh kuning mengandung antioksidan, seperti katekin dan polifenol, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh kuning mengandung polifenol yang merupakan salah satu senyawa alami yang membantu mengurangi risiko gagal jantung dan penyakit kardiovaskular. Ini juga mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antiaterogenik, dan efek antihipertensi yang semakin mengurangi risiko, demikian temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cardiovaskular Medicine.

3. Membantu menjaga berat badan tetap terkendali

Kombinasi kafein dan katekin dalam teh kuning dapat berkontribusi pada peningkatan metabolisme, yang dapat membantu pengelolaan berat badan. Kafein dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, sementara katekin dapat membantu oksidasi lemak.

4. Meningkatkan suasana hati

Teh kuning, seperti teh lainnya, mengandung asam amino yang disebut L-theanine yang meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Kombinasi L-theanine dengan kafein dalam jumlah sedang dalam teh kuning dapat berkontribusi pada keadaan pikiran yang tenang dan fokus.

5. Meningkatkan kesehatan usus

Senyawa dalam teh kuning, seperti tanin, mungkin memiliki sifat astringen ringan yang membantu meredakan masalah pencernaan.

6. Meningkatkan kesehatan gigi

Polifenol yang ditemukan dalam teh kuning mungkin memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Minum teh tanpa tambahan gula juga dapat berkontribusi pada kebersihan gigi yang lebih baik.

7. Baik untuk kulit

Antioksidan dalam teh kuning mungkin memiliki manfaat potensial bagi kulit dengan melindungi dari stres oksidatif dan mendukung produksi kolagen.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat teh kuning yang meningkatkan kekebalan tubuh dapat dikaitkan dengan adanya antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya. Konsumsi secara teratur dapat berkontribusi terhadap kekebalan secara keseluruhan.


Cara membuat teh kuning

Bahan-bahan
Daun teh kuning
1 ½ gelas air
Pemanis: madu, jaggery, atau gula merah

Metode
1. Rebus satu setengah gelas air dan diamkan selama dua menit dengan api sedang.
2. Tambahkan 5 gram teh kuning atau lebih jika ingin lebih kuat. Sekarang, diamkan selama 2 hingga 5 menit.
3. Tambahkan pemanis pilihan Anda dan sesuaikan manisnya sesuai selera.
4. Saring setelah beberapa menit.
5. Teh kuning cantik siap Anda cicipi selagi hangat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)