Pegal-Pegal usai Penerbangan Panjang? Lakukan 3 Peregangan Ini

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:58 WIB
loading...
Pegal-Pegal usai Penerbangan Panjang? Lakukan 3 Peregangan Ini
Penerbangan jarak jauh bisa menyusahkan dan tidak nyaman. Anda pun memerlukan perawatan ekstra melakukan peregangan. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Penerbangan jarak jauh bisa menyusahkan dan tidak nyaman. Di tengah hiruk pikuk perjalanan, mudah untuk melupakan bahwa tubuh Anda memerlukan perawatan ekstra setelah terkurung di ketinggian 3.000 kaki.

Jika Anda mengalami nyeri leher atau punggung setiap kali turun dari penerbangan, Anda perlu melakukan beberapa peregangan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Dikutip healthshots, berikut peregangan pascapenerbangan terbaik untuk menghilangkan rasa sakit, di mana pelatih kebugaran selebriti, Yasmin Karachiwala berbagi di Instagram-nya soal peregangan cepat dan mudah yang dapat Anda lakukan setelah turun dari penerbangan.


1. Pose kucing sapi

Pose kucing-sapi adalah pose bagus yang membantu meningkatkan kelenturan leher, bahu, dan tulang belakang Anda. Ini mengaktifkan tulang ekor Anda dan melepaskan ketegangan dari leher dan punggung, membuat Anda merasa lebih baik. Berikut cara melakukan peregangan:

Langkah 1: Letakkan tangan Anda di tas travel jika Anda melakukannya di bandara dan membungkuk ke depan dengan kaki dibuka selebar bahu. Namun, jagalah kedua tangan selebar bahu dan lutut tepat di bawah pinggul jika Anda melakukannya di atas matras.
Langkah 2: Sekarang, tarik napas sambil menekuk punggung bawah, angkat kepala dan miringkan panggul.
Langkah 3: Bawa perut Anda ke dalam dengan kepala dan panggul menghadap ke bawah, lengkungkan tulang belakang saat Anda mengeluarkan napas.
Langkah 4: Ulangi pose ini beberapa kali untuk mengendurkan otot tulang belakang dan leher.

2. Kontraksi dan ekstensi toraks

Kontraksi dan ekstensi dada adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan mobilitas tulang belakang, hiperekstensi punggung bawah, dan mengurangi rasa sakit. Inilah cara melakukannya dengan benar

Langkah 1: Duduklah di kursi dengan tangan di depan Anda.
Langkah 2: Sekarang, rapatkan kedua tangan, kontraksikan dada, dan selipkan leher ke dada.
Langkah 3: Rentangkan tangan Anda ke belakang saat Anda membuka dada dan melengkungkan punggung. Anda akan merasakan regangan di punggung atas pada saat ini.
Langkah 4: Kembali ke posisi awal dan ulangi. Lakukan ini beberapa kali untuk mendapatkan bantuan.

3. Rotasi leher

Rotasi leher sangat bagus untuk membuat leher Anda lebih fleksibel. Melakukan hal ini akan membantu merilekskan leher dan tulang belakang Anda. Lakukan latihan ini secara rutin untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Ada banyak variasi rotasi leher, ini adalah peregangan yang mudah dilakukan yang akan membantu meredakan nyeri leher dan bahu.



Langkah 1: Duduklah di kursi yang nyaman dengan punggung lurus.
Langkah 2: Putar kepala Anda dengan lembut dan perlahan dari sisi ke sisi. Jangan biarkan dagumu jatuh ke dada.
Langkah 3: Pertahankan gerakannya kecil dan jangan mencoba memutar kepala sepenuhnya ke kedua sisi.
Langkah 4: Lakukan setidaknya 10 kali untuk mendapatkan kelegaan.

Meskipun peregangan ini baik untuk Anda dan dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit, penting untuk diperhatikan bahwa peregangan ini mungkin tidak membantu semua orang. Pastikan Anda berkonsultasi dengan profesional untuk menghindari cedera.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)