Sederet Manfaat Nutrisi dalam Udang, Salah Satunya Bikin Kulit Makin Glowing

Kamis, 15 Februari 2024 - 17:30 WIB
loading...
Sederet Manfaat Nutrisi dalam Udang, Salah Satunya Bikin Kulit Makin Glowing
Udang tak hanya enak disantap, tapi juga bermanfaat untuk kulit. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Udang tak hanya enak disantap, tapi juga bermanfaat untuk kulit. Ya, siapa sangka, udang ternyata bisa bikin kulit makin glowing.

Udang merupakan salah satu seafood yang kaya akan zat gizi. Mengonsumsi udang berkualitas tinggi dapat menjadikan kulit lebih kenyal, cerah, dan tampak awet muda.

Berikut kandungan gizi dan manfaat udang untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

1. Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Udang mengandung zat antioksidan, yaitu astaxanthin. Astaxanthin bukanlah antioksidan biasa. Zat ini dianggap memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada vitamin C dan vitamin E.

Astaxanthin dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas seperti sinar UV, polusi, dan rokok. Sinar UV diketahui dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, keriput, dan berpigmen.

Astaxanthin juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas pada kulit sehingga kulit tetap kencang dan halus. Selain itu, astaxanthin dapat meningkatkan kelembaban kulit dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, senyawa yang dapat menahan air di dalam kulit. Kulit yang lembab tentu akan terlihat lebih sehat dan glowing.



2. Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Ahli Gizi dr. Ida Gunawan, MS, Sp. GK mengatakan, udang adalah sumber protein yang tinggi. Dalam 100 gram udang, terdapat protein sebanyak 20 gram dan hanya mengandung sekitar 84 kalori.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)