Tidur di Lantai Bikin Rematik, Mitos atau Fakta?

Jum'at, 01 Maret 2024 - 02:31 WIB
loading...
Tidur di Lantai Bikin Rematik, Mitos atau Fakta?
Tidur di lantai terlalu lama membuat tubuh menjadi terasa pegal. Bahkan, bisa rematik. Mitos atau fakta? Foto/ pinkvilla
A A A
JAKARTA — Tidur di lantai terlalu lama membuat tubuh menjadi terasa pegal. Keadaan ini memunculkan isu ‘tidur di lantai bikin rematik’. Apakah ini hanya mitos atau fakta?

dr. Liauw Roger Leo, Sp.OT, Dokter Spesialis Orthopedi & Traumatologi Klinik Utama Dr. Indrajana mengatakan penyebab tubuh pegal-pegal setelah tidur di lantai bukan berarti karena rematik.



“Kita tidur di lantai sampai pagi hari, yang kalian rasakan besok paginya apa? Pegal, sakit, dan sebagainya,” ucap dr. Roger saat ditemui di Klinik Utama Dr. Indrajana, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

“Satu karena keras, dua karena dingin. Itu kaya kuncinya dingin. Kita kan manusia darah hangat ya, kita senang sama sesuatu yang hangat. Apalagi orang indonesia di khatulistiwa udaranya panas,” ucap dia lagi.

Jadi timbulkan rasa pegal linu di tubuh setelah tidur di lantai adalah dingin dari lantai, bukan rematik.

“Begitu kita tidur di lantai, lantai tuh tegel ya. Tegel itu mengantarkan dingin yang baik. Dan dia bikin kita kena dingin terus-terusan selama berjam-jam. Itu memberikan rasa yang tidak nyaman signifikan,” kata dr. Roger.

Dingin dari lantai terkena pada otot tubuh yang menyebabkan nyeri. Ini sungguh berbeda dari rematik. Pasalnya rematik merupakan pegal linu pada bagian persendian, bukan otot.

“Rematik suatu kondisi kelainan pada sendi atau inflamasi yang sebenarnya harus ditemui itu rheumatoid factor,” kata dr. Roger.



Maka dari itu, pegal karena tidur di lantai tidak bisa langsung disebut rematik.

Biasanya, ketika pegal-pegal setelah tidur di lantai, seseorang akan melakukan pijat yang membuat ototnya langsung rileks sehingga rasa pegal langsung hilang. Hal ini berbeda dengan rematik.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)