Pemerintah Kota Bekasi Gelar Festival Kuliner

Selasa, 28 Agustus 2018 - 10:18 WIB
Pemerintah Kota Bekasi Gelar Festival Kuliner
Pemerintah Kota Bekasi Gelar Festival Kuliner
A A A
BEKASI - Jawa Timur dikenal dengan berbagai kulinernya yang memiliki cita rasa khas. Kabar baiknya, bagi warga Bekasi yang ingin mencicipi berbagai makanan lezatnya bisa mampir di Festival Kuliner Bekasi (FKB) yang digelar di Summarecon Bekasi.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 80 kuliner usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meramaikan festival tersebut. Public Relation Departemen Summarecon Mall Dewa Nugraha mengatakan, untuk memeriahkan FKB 2018, pihaknya melibatkan 80 kuliner UMKM yang membuka tenant dan terbagi menjadi 38 booth makanan dan 42 gerobak. “Kita libatkan untuk menghadirkan kuliner yang nikmat untuk pecinta kuliner, kita hadirkan berikut budayanya,” katanya.

Menurutnya, Jawa Timur dikenal dengan berbagai kulinernya yang memiliki cita rasa khas. Sebab Jawa Timur memiliki cita rasa kuliner sama dengan warga Bekasi yang suka pedas dan sedikit asin. “Rasa ini yang bisa diterima masyarakat Bekasi. Selain itu, juga masakannya cukup populer. Jadi, konsep ini kita ambil,” ungkapnya.

Selain menu Jawa Timur, hadir pula menu khas Nusantara lainnya, seperti Cwie Mie Malang, Lontong Balap, Sego Pecel Ndeso Mr.J, Sego Resek khas Malang, Bakso Malang, dan menu lezat lainnya. Tersedia ratusan menu makanan favorit lainnya dari total 80 tenant di FKB 2018 yang terbagi menjadi 38 booth makanan dan 42 gerobak.

Selain itu, kata dia, Jawa Timur diangkat sebagai tema besar karena wilayah itu mempresentasikan keberagaman kuliner lokal yang tengah berkembang di tanah air mulai dari kuliner khas Jawa Timur hingga variasi kuliner kekinian.

“Kita ingin melestarikan sekaligus mengedukasi kekayaan kuliner lokal,” katanya. Beberapa menu favorit lainnya yang akan hadir antara lain rujak cingur dan tahu campur, tahu tek, es goyang, suwe ora kopi, sate tulang, ketan bakar, dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi permintaan konsumen akan makanan pedas, FKB juga menghadirkan beragam kuliner pedas, seperti seblak jeletet, pentol dan ceker seuhah, ayam bledos, dan tempe mendoan jeletot.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi, FKB semakin lengkap dengan kehadiran dua booth bertemakan Bekasi. Satu booth UKM yang menjadi binaan dari Pemerintah Kota Bekasi, yaitu Nasi Kebuli “MAMA” dengan menjual hidangan nasi berbumbu khas Timur Tengah yang banyak disukai warga Bekasi dan sekitarnya.

Sementara salah satu pengunjung, Faisal Pratama, 28, mengaku senang dengan kehadiran kuliner Jawa Timur. Pria yang pernah tinggal di Surabaya itu memang menunggu sudah lama makanan khas Jawa Timur ini.

“Makanannya pedas manis, semuanya enak bisa menghilangkan kangen masakan Surabaya,” kata warga Bekasi Utara ini.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1422 seconds (0.1#10.140)