5 Efek Samping Konsumsi Buah Kurma Berlebihan, Salah Satunya Bikin Sakit Perut

Selasa, 05 Maret 2024 - 12:32 WIB
loading...
5 Efek Samping Konsumsi Buah Kurma Berlebihan, Salah Satunya Bikin Sakit Perut
Terdapat sejumlah efek samping konsumsi buah kurma secara berlebihan yang perlu diketahui. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah efek samping konsumsi buah kurma secara berlebihan yang perlu diketahui. Salah satunya berisiko memunculkan keluhan seperti sakit perut.

Kurma menjadi salah satu buah favorit ketika bulan Ramadan tiba. Biasanya, umat muslim akan menjadikannya sebagai takjil ketika berbuka puasa.

Kurma tak hanya dikenal sebagai buah yang manis dan lezat, namun juga beragam manfaatnya bagi tubuh. Kendati begitu, ternyata ada beberapa efek samping yang berpotensi muncul ketika mengonsumsi buah khas Timur Tengah ini secara berlebihan. Berikut di antaranya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2024).


Efek Samping Konsumsi Buah Kurma Berlebihan

1. Alergi

Secara umum, kurma menjadi buah yang disukai banyak orang. Tak hanya karena rasanya yang enak, namun juga banyak memiliki kandungan yang bermanfaat.

Sayang, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap buah kurma. Mengutip WebMD, kadar sulfit dalam kurma kering bisa memunculkan reaksi alergi pada sebagian orang, terlebih jika jumlahnya besar.

Gejalanya pun bisa beragam. Di antaranya seperti muncul ruam kulit, mata gatal dan berair, hingga pilek setelah memakannya.

2. Kenaikan Berat Badan

Kurma memang kaya akan serat. Namun, buah ini juga memiliki kalori dan kepadatan energi yang relatif tinggi.

Mengutip StyleCraze, beberapa kandungan di atas dikatakan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tak hanya itu, konsumsi kurma secara berlebih juga tidak ideal bagi seseorang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badannya.


3. Sakit Perut

Terkadang, seseorang bisa mengalami sakit perut ketika makan secara berlebihan. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi buah seperti kurma.

Salah satu penyebab munculnya gangguan tersebut adalah kandungan serat yang tinggi pada kurma. Terlepas dari manfaatnya, asupan serat berlebih juga dapat memunculkan kondisi seperti kembung, kram perut, sering buang gas hingga sembelit.

4. Hiperkalemia

Berikutnya ada Hiperkalemia. Istilah medis tersebut mengacu pada kondisi ketika kadar kalium menjadi terlalu tinggi dalam darah.

Sebagaimana diketahui, kurma kaya akan potasium. Maka itu, jika Anda berlebihan dalam mengonsumsinya, bisa muncul risiko hiperkalemia.

5. Diare

Terlepas dari banyak manfaatnya, kurma mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satu efek samping yang mengintai adalah diare.

Pada kurma, sebagian rasa manis berasal dari kandungan fruktosa. Sayang, tidak semua orang bisa mencerna fruktosa dengan baik. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan intoleransi fruktosa.

Ketika terjadi intoleransi fruktosa, gula akan melewati seluruh sistem pencernaan karena tubuh tidak dapat memecahnya. Pada saat mencapai usus, senyawa tersebut berpotensi menyebabkan diare karena adanya reaksi dengan bakteri alami di usus.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah efek samping konsumsi buah kurma secara berlebihan. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)